Polres-SMKN 3 Kapuas kembangkan hortikultura dan perikanan

id Polres kapuas, smkn 3 kapuas, ketahanan pangan kapuas, krisis pangan, budi daya hortikultura, perikanan, kuala kapuas, kapuas

Polres-SMKN 3 Kapuas kembangkan hortikultura dan perikanan

Wakapolres Kapuas, Kompol I Kadek Dwi Yoga S bersama Kepala SMKN 3 Kapuas, melakukan penen sayur di area lahan sekolah, Jumat, (28/10/2022). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Polres Kapuas, Kalimantan Tengah bersama SMKN 3 Kuala Kapuas, bekerja sama mengembangkan budi daya hortikultura dan perikanan dalam rangka mendukung ketahanan pangan.
 
"Kami bersama-sama memperkuat dan mengembangkan program pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan," kata Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono, sebagaimana disampaikan Wakapolres Kompol I Kadek Dwi Yoga S di Kuala Kapuas, Jumat.
 
Hal itu disampaikannya saat meninjau langsung sekaligus panen hasil budi daya hortikultura dan perikanan di area sekolah setempat. Adapun kerja sama itu, lanjut dia, dengan pembibitan perikanan dan pengembangan tanaman hortikultura.
 
"Ini program mengantisipasi krisis pangan dengan penguatan ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan kosong yang ada di area sekolah. Kita maksimalkan bekerja sama dengan kelompok tani," ucapnya.

Baca juga: Kapolres: Pembuatan SIM di Polres Kapuas sudah sesuai aturan
 
Melalui kerja sama ini, juga diharapkan dapat berperan nantinya dalam menekan laju inflasi dengan ketersediaan bahan pangan yang terjangkau.
 
Adapun dalam kegiatan itu, wakapolres meninjau langsung pembudidayaan perikanan yang dilakukan di kolam area SMKN 3 Kuala Kapuas. Ikan yang dibudidayakan di antaranya nila, patin, mujair, lele dan lainnya.
 
Tak hanya itu, wakapolres juga meninjau langsung sekaligus memanen sayuran memanfaatkan lahan di area SMKN 3 Kuala Kapuas yang merupakan kerja sama Polres dengan pihak sekolah serta kelompok tani.
 
Adapun tanaman hortikultura yang dikembangkan, seperti cabai, terong, daun bawang, gambas, selada, jagung, dan lainnya.
 
Sementara itu, Kepala SMKN 3 Kuala Kapuas, Suriani mengapresiasi Polres yang telah bekerja sama dalam mengembangkan hortikultura. Hal ini sejalan dengan adanya jurusan agronomi dan perikanan di sekolah setempat.
 
SMKN 3 Kapuas sendiri, memiliki lahan 35 hektare dan daei total lahan tersebut, di antaranya sebanyak 5 hektare luasan lahan sudah dimanfaatkan untuk hortikultura.
 
"Kami berterima kasih kepada Polres Kapuas yang datang ke sini dalam rangka panen hortikultura yang mana ini atas kerja sama dengan kelompok tani dan Polres Kapuas," demikian Suriani.

Baca juga: Pemkab Kapuas diminta gencar sosialisasikan Perda Bantuan Hukum Masyarakat Miskin

Baca juga: Pemuda di Kapuas didorong semakin kreatif kembangkan potensi daerah

Baca juga: Bawaslu Kapuas tetapkan 51 orang jadi anggota panwaslu kecamatan