Legislator minta pemkab dorong perajin ciptakan produk unggulan

id anggota dprd barut,h abri,kerajinan rotan,barito utara,kalteng

Legislator minta pemkab dorong perajin ciptakan produk unggulan

Anggota DPRD Barito Utara H Abri.ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Barito Utara, Kalimantan Tengah, H Abri meminta pemerintah daerah ikuti mendorong para perajin khususnya anyaman rotan untuk menciptakan produk unggulan. 

"Hasil kerajinan anyaman rotan di Kabupaten Barito Utara tidak kalah bagusnya dengan hasil buatan yang lain," kata Abri di Muara Teweh, Selasa. 

Hasil kerajinan itu, kata dia, belum menemukan pangsa pasar untuk produk buatan asli daerah berjuluk Bumi Iya Mulik Bengkang Turan itu.

"Jadi untuk meningkatkan hasil kerajinan itu, perlu ada dorongan dari pemerintah daerah untuk menciptakan produk unggulan yang dapat meningkatkan pendapatan perajin," kata Abri.

Anggota DPRD lainnya Henny Roesgiaty Rusli mengajak masyarakat untuk mencintai produk lokal terlebih dulu, sebab jika ingin mencari pangsa pasar. Masyarakat juga harus berperan, dan merasa bangga atas karya-karya yang dibuat oleh masyarakat setempat.

Bahkan saat dirinya melakukan kunjungan kerja keluar daerah juga terlihat percaya diri, dengan mengenakan tas selempang berbahan rotan buatan asli dari Kabupaten Barito Utara. 

"Semoga tas dari rotan asli kerajinan masyarakat Barito Utara ini menjadi kebanggaan kita semua," tuturnya.