GP Ansor Murung laksanakan PKD cetak kader militan

id Gp ansor murung raya, nu, nahdlatul ulama, puruk cahu, mura, murung raya

GP Ansor Murung laksanakan PKD cetak kader militan

Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Ansor angkatan II yang dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Murung Raya di Puruk Cahu, Sabtu (3/12/2022). (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) angkatan II tahun 2022 untuk mencetak kader militan.

Ketua Panitia PKD angkatan II, Khusnul Hakim Putra di Puruk Cahu, Sabtu, mengatakan jumlah peserta yang mengikuti PKD di akhir tahun ini sebanyak 31 orang.

"Tujuan kegiatan ini untuk melahirkan kader muda NU yang militan, siap menjadi pemimpin tangguh dan tahan banting dalam menjaga marwah organisasi," ujarnya.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh PAC GP Ansor Kecamatan Murung tersebut dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Murung Raya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin, Kepala Kantor Kementerian Agama Murung Raya Marzuki Rahman, beberapa pimpinan pondok pesantren, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

Baca juga: UMK 2023 Murung Raya ditetapkan Rp3,4 juta

Sementara itu Ketua PC GP Ansor Murung Raya, Mahyono berharap peserta PKD bersunguh-sungguh mengikuti seluruh rangkaian materi yang disampaikan instruktur.

Setelah mengikuti PKD peserta diharapkan bisa menjadi kader yang mampu berkontribusi kepada masyarakat. Pelatihan ini merupakan elemen dasar proses pengkaderan untuk para kader muda NU, dalam hal ini GP Ansor yang merupakan badan otonom Nahdlatul Ulama.

Selanjutnya sebelum membuka secara resmi PKD, Sekretaris PC NU Indah Parianoor dalam sambutannya menyampaikan mendukung penuh niat dan tekad jajaran panitia untuk menjadikan PKD sebagai langkah awal mencetak generasi unggul.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi momentum pembentukan dan penanaman ideologi Aswaja dan pemahaman kebangsaan yang utuh. Kader Ansor harus menjadi pemuda yang unggul, karena merupakan kader penerus Nahdlatul Ulama,” ujarnya.

Baca juga: PT IMK berikan edukasi 'dunia' pertambangan di siswa SMKN 1 Tanah Siang