Bupati Kotim terharu perjuangan perempuan-perempuan inspiratif

id Bupati Kotim terharu perjuangan perempuan-perempuan inspiratif, kalteng, Sampit, kotim, hari ibu, bupati kotim, halikinnor

Bupati Kotim terharu perjuangan perempuan-perempuan inspiratif

Bupati Halikinnor menyerahkan penghargaan kepada lima wanita inspiratif saat peringatan Hari Ibu ke-94 di gedung Serbaguna Sampit, Kamis (15/12/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Mata Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Halikinnor terlihat berkaca-kaca saat dia menyerahkan piagam penghargaan kepada lima perempuan yang perjuangannya dalam keluarga dinilai sangat menginspirasi. 

"Saya terharu membayangkan perjuangan beliau-beliau yang harus bekerja keras membantu keluarga, bahkan menjadi tulang punggung keluarga hingga anak-anak mereka sukses. Perjuangan mereka luar biasa," kata Halikinnor di Sampit, Kamis.

Halikinnor menghadiri peringatan Hari Ibu ke-94 yang dihadiri puluhan peserta dari berbagai organisasi perempuan yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW). Halikinnor menghadiri acara ini meski masih menggunakan dua tongkat karena kakinya dalam pemulihan pascaoperasi.

Dalam kegiatan ini, ada lima perempuan yang diberi penghargaan atas dedikasi mereka yang dinilai sangat menginspirasi. Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi perempuan di daerah ini.

Penghargaan diberikan kepada kepada lima tokoh wanita Kotawaringin Timur yaitu Sutriah pedagang sayur, Kusmindarti pensiunan guru, Satiah tukang pijat dan tukang bangunan, Saptamulia petani, serta Sri Rohani pengasuh panti asuhan Annida Qolbu. Mereka dinilai berkontribusi besar terhadap keluarga sehingga anak maupun anak asuhan mereka menjadi orang sukses.

Anak-anak mereka ada yang menjadi polisi, pegawai instansi vertikal, pengusaha dan lainnya. Kesuksesan itu dinilai tidak terlepas dari andil perjuangan para perempuan-perempuan inspiratif dan tangguh tersebut.

Baca juga: Umsa ditargetkan menerima mahasiswa baru mulai 2023

"Kegigihan mereka patut kita teladani. Mereka bekerja keras dan berjuang demi masa depan anak-anak mereka hingga sukses," ujar Halikinnor. 

Sementara itu, Halikinnor juga meminta GOW terus mewadahi dan memperjuangkan aspirasi wanita di daerah ini. Dirinya mendukung penuh dan berjanji akan meningkatkan dukungan, termasuk dalam hal anggaran.

"Yang penting jaga kekompakan karena dengan begitu banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk membantu masyarakat, khususnya terhadap kaum perempuan dan anak-anak," ujar Halikinnor. 

Wakil Bupati Irawati yang juga menjabat ketua GOW Kotawaringin Timur, berterima kasih atas dukungan besar pemerintah daerah. Apalagi, bupati telah menjanjikan akan menambah anggaran untuk mendukung kegiatan GOW dalam membantu masyarakat. 

"GOW menjadi wadah berhimpun 32 organisasi wanita di daerah ini. Induk yang mewadahi aspirasi organisasi wanita. Kami berterima kasih atas dukungan pemerintah daerah selama ini dan tentu kami juga akan berupaya meningkatkan kontribusi membantu masyarakat dan daerah ini," demikian Irawati.

Baca juga: Dinas Kesehatan Kotim kembali layani vaksinasi COVID-19

Baca juga: Sunatan massal HUT Kotim disambut antusias masyarakat

Baca juga: SDS Anwar Karim VI binaan PT Maju Aneka Sawit raih penghargaan Adiwiyata Nasional