Kementerian ESDM serahkan 425 unit PJUTS untuk wilayah barat Kalteng

id Ditjen EBTKE Kementerian ESDM RI, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, ESDM RI, kalimantan tengah, kalteng, Kementerian ESDM serahkan 425 unit

Kementerian ESDM serahkan 425 unit PJUTS untuk wilayah barat Kalteng

Penyerahan PJUTS oleh Ditjen EBTKE Kementerian ESDM dan DPR RI Komisi VII di Kota Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat. Sabtu (25/02/2023) ANTARA/M Husein Asyari.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Direktorat Jendral (Ditjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, menyerahkan sebanyak 425 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) untuk tiga wilayah bagian barat di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Sebanyak 425 PJUTS, Sabtu (25/2/2023), kami serahkan untuk Kabupaten Kotawaringin Barat, Sukamara, dan Lamandau," kata Sekretaris Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Sahid Junaidi di Pangkalan Bun, Sabtu. 

Adapun PJUTS yang diserahkan tersebut merupakan program aspirasi dari Kementerian ESDM dengan DPR RI Komisi VII dan menggunakan dana APBN tahun 2022 yang tentu dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. 

"Ini merupakan komitmen pemerintah dalam pemanfaatan energi terbarukan dan penggunaan APBN untuk dapat dirasakan secara langsung bagi masyarakat," terang Sahid. 

Menurutnya, PJUTS ini secara teknis sudah memiliki teknologi yang canggih,  menggunakan modul panel suraya, lampu LED 40 watt/ 24 volte, satu buah Solar Charge Controller (SCC), dan satu buah baterai. 

"Program PJUTS ini merupakan sebagai solusi akses tenaga listrik untuk penerangan jalan umum di wilayah yang sulit atau belum terjangkau jaringan PLN," kata Sahid. 

Baca juga: Warga lebih produktif usai terima program BPBL Kementerian ESDM

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi VII Dapil Kalimantan Tengah, Mukhtarudin Berharap masyarakat bisa benar-benar merasakan dampak dari adanya PJUTS ini, dan bisa bersama-sama menjaga dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang bisa merusak apa yang sudah di berikan oleh pemerintah. 

"425 unit PJUTS yang di serahkan hari ini, 225 di Kabupaten Kotawaringin Barat, dan sisanya dibagikan di dua daerah yakni Lamandau dan Sukamara," ucap Kader Partai Golongan Karya tersebut. 

Muktarudin terus berupaya untuk memperjuangkan beberapa wilayah di Kalimantan Tengah yang belum diterangi oleh PLN, di tahun 2023 bisa menerima program aspirasi dari Kementerian ESDM dengan DPR RI Komisi VII tersebut. 

"Saya menargetkan 2024 Kalteng terang, karena listrik merupakan hak atau pelayanan dasar bagi masyarakat," terang Mukhtarudin.

Baca juga: BPBL bantu penuhi kebutuhan listrik masyarakat Lamandau

Baca juga: Kementerian ESDM bagikan 215 mesin perahu BBG ke nelayan di Kobar

Baca juga: Bantuan mesin perahu BBG Kementerian ESDM RI sangat membantu nelayan Seruyan