Bupati berharap produk Gunung Mas miliki pasar lebih luas

id Pemkab gunung mas, bupati gunung mas, jaya s monong, kalteng expo 2023, produk gunung mas, kerajinan khas daerah, kuala kurun, gumas, gunung mas

Bupati berharap produk Gunung Mas miliki pasar lebih luas

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong meninjau stan kabupaten pada Kalteng Expo 2023 di Palangka Raya, (18/5/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengatakan pemerintah kabupaten terus berupaya memperkenalkan produk-produk unggulan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari daerah setempat.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menampilkan berbagai produk UMKM asli Gunung Mas pada Kalteng Expo 2023 di Palangka Raya, ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu.

“Gunung Mas ikut memeriahkan Kalteng Expo 2023. Pemkab mempromosikan produk dari Gunung Mas, dengan harapan produk-produk tersebut semakin dikenal masyarakat dan punya pasar yang lebih luas lagi,” sambungnya.

Baca juga: Gunung Mas andalkan sejumlah cabang lomba di FBIM 2023

Menurut dia, produk yang ditampilkan di stan Gunung Mas sebagian berasal dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten setempat, dan sebagian lagi dari pelaku UMKM.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Gunung Mas ini menyebut, produk yang ditampilkan antara lain batik khas daerah, anyam-anyaman, kecapi, kerajinan tangan, makanan ringan, dan lainnya.

Selain itu, Gunung Mas juga memanfaatkan Kalteng Expo 2023 untuk mempromosikan salah satu objek wisata unggulan yakni Batu Suli. Promosi dilakukan dengan menampilkan miniatur Batu Suli.

Batu Suli merupakan satu dari sekian objek wisata unggulan yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’. Batu Suli berada di Desa Upon Batu, Kecamatan Tewah.

Untuk diketahui, Kalteng Expo 2023 merupakan salah satu agenda rangkaian Hari Jadi ke-66 provinsi dan berlangsung sejak 17-21 Mei 2023.

Baca juga: Bacaleg Gerindra di Gunung Mas didominasi Milenial dan Gen Z