DKPP Seruyan dorong peningkatan produksi pertanian

id pertanian seruyan

DKPP Seruyan dorong peningkatan produksi pertanian

. (Antara Foto/HO/Humas Pemkab Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan, Kalimantan Tengah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat,  terus berupaya dalam rangka meningkatkan sektor pertanian yang ada di wilayah tersebut.

“Saat ini kita sedang berupaya mengembangkan sektor pertanian di Seruyan, dengan melakukan perubahan sistem mekanisme pertanian di Bumi Gawi Hantantiring ini,” kata Kepala DKPP Kabupaten Seruyan Albidinnor di Kuala Pembuang, Selasa (30/5/2023).

Dia mengatakan, untuk meningkatkan hasil produksi pertanian di wilayah setempat perlu adanya  upaya yang harus dimaksimalkan oleh para petani di Seruyan dengan melihat perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini.

“Suka tidak suka, pembangunan pertanian di Kabupaten Seruyan harus berubah ke sistem mekanisasi pertanian. Inilah yang kita rencanakan ke depannya,” jelasnya.

Lanjut dia menyampaikan, mekanisasi pertanian sendiri adalah sebuah wujud dari pengaplikasian berbagai macam prinsip ilmu dan teknologi di bidang pertanian, yang dilakukan dalam bentuk pengelolaan, pengendalian dan pemrosesan pada sektor tersebut. Hal ini dilakukan guna lebih meningkatkan pendapatan masyarakat petani.

Maka dari itulah, dirinya menyebutkan bahwa untuk mencapai hal itu, makanya banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) sampai pada peralatan yang harus tersedia. Sehingga apa yang ingin direncanakan itu bisa direalisasikan dengan mudah.

“Kita harus melatih SDM nya dan yang tidak kalah pentingnya adalah peralatannya. Saat ini, kemampuan kami di kabupaten pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 kemarin hanya mampu memfasilitasi penyediaan handtraktor sebanyak 100 unit. Yang mana sistemnya tidak hibah lagi, tapi sistem sewa,” pungkasnya.

Dia menambahkan, tentu memang apabila bicara anggaran memang terbatas namun yang lebih penting juga adalah upaya dan langkah bersama untuk memajukan sektor pertanian.