Legislator Kalteng minta program pengembangan SDM harus menyeluruh hingga ke pelosok

id DPRD Kalimantan Tengah, Alexius Esliter, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, sdm kalteng

Legislator Kalteng minta program pengembangan SDM harus menyeluruh hingga ke pelosok

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Alexius Esliter. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Legilator Kalimantan Tengah Alexius Esliter meyakini bahwa keberhasilan suatu daerah dalam memajukan pembangunan, selalu memerlukan dukungan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Program maupun kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat pun harus sesuai kebutuhan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat setempat, kata Alexius di Gedung DPRD Kalteng di Palangka Raya, kemarin.

"Itulah kenapa saya selalu mengingatkan dan meminta kepada pemda di Kalteng, agar selalu bersinergi sekaligus berkelanjutan dalam membuat dan melaksanakan program pengembangan SDM," ucapnya.

Terpenting lagi, lanjut Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, program-program yang berkaitan dengan pengembangan SDM, harus menyeluruh dan menyentuh hingga ke pelosok provinsi ini. Dengan begitu, berbagai program yang akan dilaksanakan oleh pemda, didukung oleh SDM yang mumpuni di semua wilayah, bahkan di pelosok.

"Tanpa adanya dukungan SDM yang mumpuni, berbagai program pemerintah akan menjadi kurang optimal dalam pelaksanaannya. Itulah kenapa saya meyakini kemajuan daerah selalu memerlukan dukungan SDM yang mumpuni," kata Alexius.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan II meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan itu mengakui bahwa kemajuan pembangunan di provinsi terluas di Indonesia ini, sudah relatif lebih baik jika dibandingkan belasan tahun silam. Hanya saja, kemajuan pembangunan tersebut harus terus dilakukan dan berkelanjutan, agar mampu bersaing dengan daerah yang sudah terlebih dahulu maju.

Baca juga: DPRD Kalteng minta program stunting dipantau dan dievaluasi

Dia mengatakan bahwa tidak lama lagi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang lokasinya berdekatan dengan Kalteng, akan diaktifkan. Apabila IKN Nusantara sudah aktif, maka akan memberikan daya tarik yang besar bagi masyarakat di seluruh Indonesia untuk datang dan berdinamika.

"Jika itu sudah terjadi, maka persaingan SDM akan semakin meningkat. Masyarakat Kalteng siap atau tidak siap, harus mampu bersaing. Wilayah Kalteng berbatasan langsung dengan IKN. Jadi, kita harus lebih mempercepat dan mengoptimalkan SDM yang mumpuni. Dan, harus menyeluruh hingga ke pelosok Kalteng," demikian Alexius.

Baca juga: DPRD Kalteng minta pengerjaan jalan ke Palabuhan Bahaur dipercepat

Baca juga: Legislator Kalteng anggap larangan ekspor bauksit mentah menguntungkan

Baca juga: DPRD Kalteng: Pemda harus terus perbaharui kebutuhan daging saat hari besar