Ketua DPRD Barut harapkan penebaran bibit ikan jadi agenda rutin

id ketua dprd barut,restocking dam trinsing,hj mery rukaini,barito utara,kalteng

Ketua DPRD Barut harapkan penebaran bibit ikan jadi agenda rutin

Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini (kanan) mengikuti kegiatan restocking bibit ikan di DAM Trinsing, Kamis (6/7/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini mengharapkan restocking atau menebaran benih ikan di sejumlah danau dan perairan umum di daerah ini dijadikan agenda rutin oleh pemerintah daerah setempat.

"Saya berpesan agar kegiatan pengelolaan perikanan melalui penebaran ikan di perairan umum khususnya di DAM Trinsing ini dapat dijadikan salah satu agenda rutin di Pemerintah Kabupaten Barito Utara,” kata Mery disela-sela mengikuti kegiatan restocking di DAM Trinsing, Kamis.

Penebaran benih ikan di DAM Trinsing Kecamatan Teweh Selatan ini sebanyak 73 ribu benih oleh Bupati Barito Utara Nadalsyah dan pejabat lainnya. 

Ketua DPRD mengapresiasi kegiatan penebaran benih  ini merupakan salah satu upaya penambahan stok ikan untuk ditebarkan di perairan umum dan pada perairan yuang dianggap telah mengalami krisis akibat padat tangkap atau tingkat pemanfaatan berlebihan.

Restocking yang dilakukan ini, kata dia, selain menambah stok ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

"Kita harapkan perkembangbiakan ikan di daerah terus bertambah, sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat," kata Mery.

Dia mengatakan bertujuan ini dalam rangka meningkatkan populasi ikan yang ada di perairan umum, melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, meningkatkan produksi ikan guna memenuhi gizi masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pendapatan dari sektor pertanian.

"Semoga pemanfaatan perairan umum seperti danau dan rawa yang ada di Barito Utara secara maksimal dengan tetap menjaga agar sumber daya perikanan terus stabil dan berkelanjutan untuk anak dan cucu kita di masa mendatang," ujarnya.