Ratusan orang ikuti Operasi Katarak gratis Pemkab Mura

id Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Murung Raya, kalteng, mura, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya, dr Suwirman Hutagalung

Ratusan orang ikuti Operasi Katarak gratis Pemkab Mura

Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor (tengah) bersama pejabat terkait pada acara bakti sosial operasi katarak gratis yang dilaksanakan di RSUD Puruk Cahu, Senin (24/7/2023). ANTARA/HO.

Puruk Cahu (ANTARA) - Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan maksimal jelang hari jadi Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, ke-21, pemerintah setempat menyelenggarakan bakti sosial berupa operasi Katarak gratis kepada masyarakat, terutama bagi yang kurang mampu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya dr Suwirman Hutagalung saat pembukaan bakti sosial operasi katarak gratis di RSUD Puruk Cahu, Senin (24/7), mengatakan bahwa jumlah pendaftar dalam kegiatan ini 250 orang dari 10 kecamatan yang ada di wilayah ini.

"Bakti sosial ini memang sudah dimulai sejak 23 Juli 2023, dengan agenda skrining atau pemeriksaan kesehatan bagi calon pasien katarak dan berakhir, Selasa (25/7) besok. Kegiatan ini memang disambut dengan baik oleh masyarakat kita, hal itu terbukti dengan cukup banyaknya pendaftar," beber dia.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, Suwirman mengatakan Pemkab Murung Raya melalui RSUD Puruk Cahu menggandeng Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) yang ada di Jakarta untuk membantu melakukan operasi katarak, dan juga dibantu juga oleh Bank Central Asia (BCA) cabang Palangka Raya.

Hal senada juga disampaikan oleh Seksi Penanggulangan Buka Katarak (SPBK) PERDAMI, dr. Faraby Martha yang mengaku sangat menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Pemkab setempat dan menyatakan timnya yang terdiri dari beberapa dokter spesialis mata siap membantu serta mensukseskan acara tersebut.

Baca juga: Panitia HUT Mura janji perbaiki kerusakan lapangan sepak bola WMY

Sementara itu, Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor berharap kegiatan yang diselenggarakan itu bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, dan juga dalam rangka melaksanakan komitmen Pemkab Murung Raya meningkatkan pelayanan di sektor kesehatan.

"Ini merupakan wujud dari komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warganya, terutama bagi yang tidak mampu. Di momen hari ulang tahun kabupaten yang jatuh pada 1 Agustus nanti, kita juga berharap semua lapisan masyarakat ikut merasakan suka cita, terutama bagi peserta bakti sosial ini," demikian Rejikinoor.

Baca juga: Murung Raya ikuti 15 cabang pada gelaran Porprov Kalteng 2023

Baca juga: Waket DPRD Mura dukung pengembangan olahraga voli melalui Bahitom Cup

Baca juga: Wakil Bupati sambut langsung kedatangan 44 Jemaah Haji Murung Raya