BNNP Kalteng tangkap sindikat narkoba antarkabupaten

id BNNP Kalteng,Palangka Raya,Kalteng,sindikat narkoba,narkoba,BNNP tangkap sindikat narkoba antar kabupaten di Kalteng

BNNP Kalteng tangkap sindikat narkoba antarkabupaten

BNNP Kalteng beserta instansi terkait lainnya melakukan pemusnahan sabu seberat 250,81 gram milik tiga orang tersangka jaringan antarkabupaten di Kalteng yang dilaksanakan di Kantor BNNP setempat, Selasa (25/7/2023). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng berhasil menangkap tiga orang jaringan narkoba jenis sabu-sabu antarkabupaten di provinsi setempat.

Kabid Pemberantasan di BNNP Kalteng Kombes Pol Agustiyanto saat jumpa pers, Selasa, di Palangka Raya mengatakan, bahwa tiga pengedar sabu jaringan sindikat Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Gunung Mas itu diamankan pada Kamis (6/7) lalu.

"Tiga sindikat narkoba tersebut yakni berinisial RM dan SG, sedangkan satunya berjenis kelamin perempuan berinisial MW yang saat ini juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara tersebut," katanya.

Baca juga: BNNP Kalteng ungkap jaringan narkoba lintas provinsi

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu menjelaskan, pengungkapan berawal adanya informasi dari laporan masyarakat terkait adanya transaksi narkotika di wilayah Kota Sampit.

Usai mendapatkan laporan tersebut, BNNP Kalteng beserta tim langsung bergerak dan melakukan penyelidikan terkait laporan itu. Saat itu tim juga mendapatkan informasi bahwa para pelaku menggunakan kendaraan roda empat.

"Saat mendapatkan ciri-ciri kendaraan para tersangka, tim melakukan pembuntutan terhadap para tersangka. Namun anggota BNNP sempat dibuat bingung, karena para tersangka cukup sering berhenti dari arah Kota Sampit menuju Kota Palangka Raya," katanya.

Baca juga: BNNP gencarkan pencegahan masuknya narkoba di Kalteng

Saat berada di tepi Jalan Trans Kalimantan Km 16, Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan tim yang sudah memastikan bahwa para pelaku tersebut adalah target operasi mereka, langsung diamankan pada Kamis (6/7) tersebut.

Pada saat itu juga tim dari BNNP Kalteng langsung menggeledah terhadap ketiga tersangka yang berada dalam satu mobil yang mereka gunakan tersebut.

"Ketika dilakukan penggeledahan anggota BNNP berhasil mengamankan narkoba jenis sabu tiga bungkus plastik bening dengan berat 250,81 gram," bebernya.

Baca juga: Jadi DPO, BNNP siap bantu Kejati Kalteng kejar bandar sabu Saleh

Dari tangan para pelaku anggota berhasil menyita empat unit handphone, satu unit jam tangan, satu lembar plastik warna hitam, bola plastik warna biru, satu unit bong, satu unit korek api dan satu unit kendaraan roda empat.

"Dari keterangan para pelaku sabu tersebut mereka dapatkan dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat dan di edarkan di Kalteng," ungkap Agustiyanto.

Atas perbuatannya itu, kini para tersangka telah menjalani pemeriksaan oleh penyidik BNNP Kalteng untuk dilakukan pengembangan.

Baca juga: Peredaran narkoba di wilayah pertambangan dan perkebunan di Kalteng marak

"Ketiga tersangka juga dijerat dengan Pasal 114 (2) Jo Pasal 132 (1) Sub Pasal 112 (2) Jo Pasal 132 (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," demikian  Agustiyanto.

Dalam perkara tersebut barang haram yang berhasil disita dari para pelaku juga dimusnahkan dengan cara dilarutkan di dalam air dan dicampur dengan cairan pembersih lantai.

Pemusnahan tersebut juga disaksikan oleh perwakilan dari Direktorat Polda Kalteng, Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Negeri Palangka Raya dan BNNK Palangka Raya.    

Baca juga: Polda-BNNP siap bantu Kejati Kalteng kejar bandar sabu DPO

Baca juga: BNNP Kalteng tes urine pilot dan pramugari di Bandara Tjilik Riwut