Pemkab Kobar siap laksanakan Jambore UMKM Kalteng

id Pemkab Kobar siap jadi tuan rumahJambore UMKM Kalteng, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, umkm

Pemkab Kobar siap laksanakan Jambore UMKM Kalteng

Pelaksana Harian Sekda Kotawaringin Barat Juni Gultom saat memimpin rapat kesiapan menjadi tuan rumah Event Jambore UMKM 2023 se-Kalteng, Selasa (22/8/2023) ANTARA/HO-Istimewa.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Berbagai hal telah disiapkan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, setelah ditetapkan menjadi tuan rumah penyelenggara Jambore UMKM Kalimantan Tengah tahun 2023.

"Persiapannya sudah matang, setelah mendapatkan kepastian dari provinsi bahwa pelaksanaannya pada 2 September 2023," kata Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kotawaringin Barat, Juni Gultom di Pangkalan Bun, Rabu.

Juni mengatakan, kegiatan Jambore UMKM ini akan diikuti sekitar 5.000 pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM. Mereka berasal dari lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Lima kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Kobar, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Sukamara," sebutnya.

Dia mengungkapkan, Pemkab Kobar hingga saat ini telah mempersiapkan semua, mulai dari rangkaian acara, lokasi, kebersihan, keamanan dan sebagainya. 

Baca juga: Pemkab Kobar tindak lanjuti aspirasi SLBN 1 Pangkalan Bun

"Kita sudah melakukan koordinasi di provinsi melalui rapat yang dipimpin oleh wakil gubernur, dan hari ini kita jabarkan di tingkat teknis. Insyaallah kita siap melaksanakan Jambore UMKM ini," ungkapnya.

Juni menyebutkan, Jambore UMKM 2023 dilaksanakan pada 2 sampai 9 September 2023. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di Pangkalan Bun Park.

"Rencananya, kegiatan akan dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kalteng, Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Teten Masduki dan seluruh bupati dari masing-masing lima kabupaten," bebernya.

Dia menjelaskan, kegiatan Jambore UMKM 2023 ini tidak hanya semata-mata untuk kegiatan hiburan saja. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengangkat perekonomian di Kotawaringin Barat dan juga sebagai wadah bagi para pelaku UMKM lebih termotivasi untuk meningkatkan produktivitasnya.

"Ini kolaborasi antara 5 Kabupaten wilayah barat, saya kira hasilnya akan luar biasa dapat meningkatkan UMKM, semoga acara ini bisa berjalan lancar dan sukses hingga akhir," demikian Juni.

Baca juga: Plh Sekda Kobar: Tiga raperda telah disetujui DPRD menjadi perda

Baca juga: Tingkatkan kepercayaan, Polres Kobar luncurkan buku Sinergi Polisional

Baca juga: Plh Sekda Kobar sebut Jambore UMKM dilaksanakan 2 September 2023