Pemkab Kotim dorong KAHMI tingkatkan sumbangsih membantu pembangunan daerah

id Pemkab Kotim dorong KAHMI tingkatkan sumbangsih membantu pembangunan daerah, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Bupati kotim, Halikinnor, hmi

Pemkab Kotim dorong KAHMI tingkatkan sumbangsih membantu pembangunan daerah

Bupati Halikinnor menyaksikan pelantikan Majelis Daerah KAHMI dan FORHATI Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2022-2027, Kamis (24/8/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mendorong Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) untuk meningkatkan sumbangsih terhadap pembangunan daerah setempat. 

"Tadi disampaikan bahwa KAHMI tidak punya apa-apa tapi hanya punya pengetahuan dan tenaga. Menurut saya, ini sudah sangat besar karena pengetahuan itu yang mahal harganya. Dengan sumbangsih pengetahuan, saya yakin KAHMI bisa membantu pemerintah daerah untuk memajukan daerah yang kita cintai ini," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Kamis. 

Harapan itu disampaikan Halikinnor saat pelantikan Majelis Daerah KAHMI dan FORHATI Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2022-2027 di aula rumah jabatan bupati. Turut hadir Wakil Bupati Irawati, Sekretaris Daerah Fajrurrahman dan pejabat lainnya. 

Menurutnya, KAHMI merupakan organisasi yang menghimpun para kader-kader alumni HMI sebagai wadah silaturahim, saling bertukar pikiran, informasi dan pengetahuan bagi kemaslahatan umat

Selaku kepala daerah, dirinya berharap pengurus KAHMI Kotawaringin Timur maupun KAHMI Kalimantan Tengah terus bermitra dengan pemerintah daerah dalam memberikan saran dan masukan bagi kemajuan daerah. 

Kotawaringin Timur merupakan salah satu kabupaten yang memiliki posisi strategis menjadi pintu gerbang ekonomi di Provinsi Kalimantan Tengah. Daerah ini memerlukan masukan saran pemikiran positif agar isu-isu pembangunan dan perkembangan daerah dapat diwujudkan bersama. 

Baca juga: Ketua DPRD Kotim ajak masyarakat manfaatkan lahan kosong

Isu-isu strategis yang terus menjadi perhatian pemerintah antara lain peningkatan kualitas sumber daya manusia, manajemen keterbukaan publik, tata kelola pemerintahan, pembangunan infrastruktur, penanggulangan bencana, pelestarian budaya daerah serta pengurangan kemiskinan dan pengangguran. 

Halikinnor mengajak seluruh jajaran pengurus KAHMI yang telah dilantik untuk bersama komponen masyarakat lainnya bersinergi dan bergandeng tangan memberikan sumbangsih dan kontribusinya bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Timur. 

Dia mengapresiasi pengurus dan anggota KAHMI umumnya telah dikenal luas dan berkecimpung di bidang kerja masing-masing. Ada pegawai negeri sipil, pengusaha, ketua KPU, ketua Bawaslu, wartawan dan lainnya. 

Oleh karena itu dia menilai KAHMI mempunyai posisi dan peran strategis dalam membantu pemerintah. KAHMI diharapkan memberikan sumbangsih pemikiran bagi pemerintah dalam menyikapi berbagai masalah yang muncul. 

"Saya mohon kebersamaan kita tidak hanya pada saat pelantikan. Mungkin suatu saat kita bisa silaturahim agar ada masukan saran dari KAHMI sebagai bahan kita pemerintahan untuk membuat keputusan atau kebijakan terhadap pembangunan di daerah kita," demikian Halikinnor. 

Sementara itu Sekretaris KAHMI Kalteng, Daryana menjelaskan, sejak dulu KAHMI memposisikan diri dekat dan membantu pemerintah. KAHMI tidak berpolitik meski banyak anggotanya terjun ke dunia politik. 

"KAHMI akan selalu mendukung program pemerintah dan selalu siap memberikan sumbangsih pemikiran bagi kemajuan pembangunan daerah," demikian Daryana. 

Baca juga: Legislator Kotim: Sekarang saat tepat normalisasi drainase cegah banjir

Baca juga: Disdik Kotim percepat pelaksanaan program

Baca juga: Pemkab Kotim tetap gelar pasar murah kendalikan inflasi