DPRD Palangka Raya minta pemerintah programkan pembagian masker gratis

id Karhutla ,Palangka Raya,DPRD Palangka Raya minta pemerintah programkan pembagian masker gratis,Gunakan Masker,ISPA

DPRD Palangka Raya minta pemerintah programkan pembagian masker gratis

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah meminta pemerintah segera menyusun anggaran untuk program pembagian masker gratis bagi masyarakat khususnya bagi pelajar dan masyarakat kelompok sensitif.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Sigit Widodo di Palangka Raya, Selasa, mengatakan, program pemberian masker gratis sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah meningkatnya kasus penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Saya harap pemerintah melalui dinas kesehatan memprogramkan pemberian masker gratis khususnya bagi pelajar maupun masyarakat, untuk tetap melindungi mereka dari kabut asap yang bisa memicu meningkatnya jumlah penderita ISPA," terangnya.

Sebagaimana diketahui, sejak beberapa pekan terakhir, kondisi udara di Palangka Raya dan beberapa daerah di Kalimantan Tengah tidak sehat yang diduga akibat meningkatnya jumlah kebakaran hutan dan lahan.

Berdasarkan indeks kualitas udara atau AQI di Kota Palangka Raya pada Selasa 5 September 2023 mencapai 127 dan polusi udara pm2,5 jumlah AQI tersebut menandakan kondisi udara di Kota Palangka Raya tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Baca juga: LLDIKTI XI dorong peningkatan implementasi MBKM mandiri perguruan tinggi

Sebelumnya, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah, telah melakukan berbagai upaya pencegahan, terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Beberapa tindakan antisipasi antara lain dengan melakukan apel siaga, yang dilakukan oleh pemerintah, aparat keamanan maupun swasta, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

BPBD Kalteng bersama Satgas Pengendali Karhutla juga mengantisipasi dan mengatasi potensi kejadian karhutla dalam berbagai skala, kecil, sedang maupun besar.

Selain itu, juga dilakukan simulasi antisipasi karhutla, dengan harapan para personel yang bertugas di lapangan lebih siap mengoperasionalkan peralatan yang ada, serta masyarakat diharapkan paham bagaimana cara menghadapi situasi saat terjadi karhutla, baik menggunakan air, alat pemadam api ringan (apar), maupun tangki air menggunakan selang dan nozel.

Selain itu, masyarakat diharapkan menjadi lebih sigap dan tanggap apabila terjadi karhutla dan dapat memadamkan api secara mandiri sembari menunggu petugas pemadam kebakaran datang.

Baca juga: Cegah karhutla, warga Palangka Raya diminta gencarkan gerakan PLTB

Baca juga: Pemkot Palangka Raya antisipasi dampak karhutla kepada para siswa

Baca juga: Karhutla terjadi di Palangka Raya tanggung jawab bersama