Pj Bupati serahkan bantuan paket pompa air kepada 518 petani di Kobar

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Pj Bupati Kobar, Kalimantan Tengah, Budi Santosa, Kotawaringin Barat, Kobar, Kalteng

Pj Bupati serahkan bantuan paket pompa air kepada 518 petani di Kobar

Pj Bupati Kobar bersama Anggota Komisi VIIDPR RI menyerahkan secara simbolis bantuan mesin pompa air kepada petani, Kamis (26/10/2023) ANTARA/Prokom Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Budi Santosa menyerahkan bantuan paket berupa pompa air berbahan bakar gas kepada 518 petani yang tersebar di kabupaten setempat.

Bantuan yang telah disalurkan itu merupakan hasil kerja sama antara pemerintah pusat melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Anggota Komisi VII DPR RI, kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Kamis.

"Termasuk upaya diversifikasi penggunaan bahan bakar minyak (BBM), menjadi bahan bakar gas (BBG) sebagai bagian dari kebijakan energi nasional untuk mendukung ketahanan energi," tambahnya.

Dirinya pun meminta kepada para petani yang menerima bantuan tersebut, agar menjaga dan merawat mesin tersebut dengan baik. Dengan begitu, manfaatnya bisa dirasakan terutama dalam upaya peningkatan perekonomian. 

"Kami juga berharap bantuan ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian para petani, dan mampu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak," ucapnya.

Menurut Pj Bupati Kobar itu, program seperti ini merupakan langkah positif dalam mendukung pertanian berkelanjutan di kabupaten ini. Apalagi paket bantuan ini membantu mengatasi permasalahan di bidang pertanian, khususnya tanaman pangan dan hortikultura.

Dirinya pun memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI yang telah menyalurkan bantuan kepada para petani di Kobar.

Baca juga: Distan Kobar sebut peluang usaha sapi perah sangat menjanjikan

"Atas nama pemerintah daerah, kami sampaikan terima kasih kepada jajaran Kementerian ESDM maupun Komisi VII DPR RI yang telah membantu para petani di kabupaten Kotawaringin Barat,"ucapnya.

Penyerahan paket paket pompa air tersebut di laksanakan di Aula Kantor Bupati Kotawaringin Barat, dengan di serahkan secara simbolis oleh Pj Bupati Kobar bersama Anggota Komisi VII DPR RI.

Baca juga: Pemkab apresiasi kehadiran hotel baru di Kobar

Baca juga: Pj Bupati Kobar pastikan kesiapan pengamanan pilkades 2023

Baca juga: Jalan sehat HUT ke-59 Partai Golkar di Kobar bertabur hadiah