Wabup ingatkan kontingen PWI Kotim tetap junjung tinggi sportivitas

id Wabup ingatkan kontingen PWI Kotim tetap junjung tinggi sportivitas, porwada, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, wabup kotim, Irawati, pemk

Wabup ingatkan kontingen PWI Kotim tetap junjung tinggi sportivitas

Wakil Bupati Kotim Irawati melepas Kontingen PWI Kotim mengikuti Porwada Kalteng di Palangka Raya, Kamis. (30/10/2023). ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati melepas kontingen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) Kalimantan Tengah di Palangka Raya, sembari berpesan agar para anggota kontingen menjunjung tinggi sportivitas.

“Saya atas nama Pemkab Kotim mengucapkan selamat bertanding untuk Kontingen PWI Kotim, ingat junjung tinggi sportivitas. Apapun hasilnya nanti itulah yang terbaik yang dicapai rekan-rekan semua,” kata Irawati di Sampit, Kamis.

Pelepasan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Bupati Kotim dan turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Wim RK Benung, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotim Ahyar Umar, serta para pengurus PWI Kotim.

Sebanyak 31 anggota kontingen PWI Kotim terdiri dari 24 atlet dan 7 pendamping sekaligus koordinator. Untuk mengikuti Porwada Kalteng selama 3 hari, yakni pada 3-5 November 2023 di Kota Palangka Raya.

Irawati menyebutkan, Pemkab Kotim mendukung kegiatan Porwada yang diikuti oleh PWI Kotim. Olahraga dinilai sebagai kegiatan yang positif dan membawa dampak baik bagi kesehatan jasmani dan rohani.

Kegiatan itu juga kesempatan bagi anggota PWI Kotim menjalin dan mempererat silaturahim dengan insan jurnalistik dari daerah lainnya.

“Terlebih PWI sudah seperti keluarga bagi kami, karena keberadaan rekan-rekan wartawan selalu bersama pemerintah melalui pemberitaan terkait pembangunan dan sebagainya kepada masyarakat, maupun sebaliknya informasi-informasi di masyarakat yang perlu diketahui pemerintah, jadi adanya kegiatan seperti ini sangat kami dukung,” tuturnya.

Senada disampaikan oleh Kepala Dispora Kotim, Wim RK Benung menyampaikan sebagai komitmen dan dukungan pemkab kepada atlet-atlet PWI Kotim. Pihaknya telah menggratiskan fasilitas olahraga yang berada di bawah kewenangan Dispora untuk bisa digunakan para atlet PWI dalam berlatih dan mengasah kemampuan sebelum mengikuti Porwada.

Baca juga: Kecamatan ini raih gelar juara umum kesepuluh MTQ Kotim

“Fasilitas olahraga itu kami bebaskan untuk atlet PWI, tanpa dipungut retribusi, jadi kapan saja mereka mau main kami persilakan. Ini bentuk dukungan dan perhatian kami agar para atlet PWI dapat berlatih secara efektif,efisien, dan intensif,” ucapnya.

Ia menambahkan, sesuai arahan dari Wabup Kotim, ke depannya Dispora akan menyusun aturan agar PWI Kotim mendapat bantuan anggaran melalui APBD murni untuk keperluan Porwada dan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), agar para atlet PWI Kotim bisa lebih maksimal dan semangat lagi dalam mengikuti kegiatan selanjutnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kotim Siti Fauziah menyampaikan pada Porwada Kalteng tahun 2023 ini, PWI Kotim akan mengikuti 7 dari 9 cabang olahraga yang dipertandingkan. Yakni futsal, tenis meja, e-sport, catur, biliar, tenis lapangan, bulu tangkis, ditambah dengan keahlian jurnalistik meliputi fotografi dan menulis berita feature.

“Semua cabor telah melakukan persiapan dengan dukungan penuh dari pemda, khususnya Dispora, yang menyediakan semua venue secara gratis. Selaku Ketua PWI Kotim, saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Wabup, Kadispora, dan KONI yang sudah mendukung penuh keikutsertaan PWI Kotim pada Porwada tahun ini,” ujarnya.

Untuk keberangkatan anggota Kontingen Kotim menuju Kota Palangka Raya dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama beranggotakan 9 orang menggunakan sepeda motor pada hari ini, sekaligus menyalurkan hobi touring. Sedangkan, sisanya menyusul besok menggunakan 4 unit mobil.

Fauziah menambahkan, latihan para atlet PWI Kotim telah diintensifkan selama kurang lebih 2 bulan terakhir. Tak main-main, latihan ini juga melibatkan para pelatih profesional dari KONI Kotim, sehingga pihaknya pun menargetkan agar PWI Kotim bisa keluar sebagai juara umum pada ajang Porwada kali ini.

“Bismillah, target kami juara umum. Karena hampir semua cabang olahraga kami ikuti dan persiapan pun sudah cukup matang, jadi kami mengharapkan hasil terbaik,” demikian Fauziah.

Baca juga: Perusahaan di Kotim didorong bantu usaha produktif masyarakat desa

Baca juga: Persiapan Muscablub, Organda Kotim terima anggota baru

Baca juga: Bupati Kotim janji upayakan kantor untuk Bawaslu