Satgas Penanggulangan Bencana gencarkan pembersihan drainase cegah banjir

id Satgas Penanggulangan Bencana gencarkan pembersihan drainase cegah banjir, kalteng, Palangka raya, banjir, bpbd Palangka raya

Satgas Penanggulangan Bencana gencarkan pembersihan drainase cegah banjir

Satgas penanggulangan bencana gencarkan pembersihan drainase cegah banjir di Kota Palangka Raya, kemarin. ANTARA/Media Center Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Tim Satuan Tugas (Satgas) gabungan Penanggulangan Bencana Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan pembersihan drainase di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah sebagai antisipasi bencana banjir saat musim hujan.

"Kegiatan yang difokuskan pada drainase di Jalan Patih Rumbih ini dilaksanakan dengan melibatkan unsur TNI, POLRI, BPBD dan para relawan," kata Ketua Regu Satgas Bencana Kota Palangka Raya, Yogie Pratikno di Palangka Raya, Jumat.

Dia menerangkan, pembersihan dilakukan pada drainase sepanjang 250 meter dengan memungut sampah, mengangkat pasir dan menyemprot sedimen drainase yang menjadi penyebab pendangkalan.

Yogie Pratikno mengatakan, untuk mengantisipasi peralihan musim dari kemarau menuju musim hujan pihaknya mengantisipasi dengan membersihkan gorong-gorong maupun drainase untuk mencegah terjadinya banjir saat musim hujan tiba.

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan hingga akhir tahun di beberapa titik rawan terjadinya genangan air maupun banjir,” ucapnya.

Baca juga: Penjabat Wali Kota Palangka Raya prioritaskan program layanan kesehatan

Dia menambahkan kondisi di lapangan menunjukkan banyak drainase yang tersumbat oleh sampah, rumput, dan kayu bekas cor jembatan sehingga tim satgas menghadapi kendala dengan banyaknya drainase yang lubang kontrolnya tidak dapat dibuka, sehingga menyulitkan proses pembersihan.

Meskipun dihadapkan dengan kendala tersebut, kegiatan pembersihan drainase dapat diselesaikan dengan tuntas.

Pihak BPBD Kota Palangka Raya berharap bahwa upaya ini dapat mencegah potensi bencana di wilayah tersebut dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Bencana banjir perkotaan menjadi salah satu kondisi yang terus diwaspadai dan menjadi salah satu kategori bencana yang terus diantisipasi Pemerintah Kota Palangka Raya.

Wilayah Kota Palangka Raya yang sebagian besar berupa dataran dan dilintasi tiga sungai besar meliputi Sungai Kahayan, Sungai Rungan dan Sungai Sabangai menjadi rawan banjir saat musim hujan tiba.

Pemkot Palangka Raya melalui BPBD juga terus memperkuat mitigasi bencana banjir dengan melibatkan peran masyarakat di wilayah rawan bencana tersebut. Salah satunya dengan membentuk Kelurahan Tangguh Bencana.

Baca juga: Wali kota minta PPNS utamakan komunikasi persuasif dalam bertugas

Baca juga: DPRD Palangka Raya apresiasi pemkot antisipasi inflasi jelang Nataru

Baca juga: Lompat dua tingkat, Puskesmas Jekan Raya raih akreditasi utama