Utusan Kahayan Tengah dinobatkan pemenang Bandar dan Sumbu Kurung 2023

id Utusan Kahayan Tengah dinobatkan pemenang Bandar dan Sumbu Kurung 2023, kalteng, Pulang Pisau, pariwisata

Utusan Kahayan Tengah dinobatkan pemenang Bandar dan Sumbu Kurung 2023

Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani bersama pemenang Bandar dan Sembu Kurung 2023. ANTARA/Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Dewan juri pemilihan putra putri pariwisata Bandar dan Sumbu Kurung 2023 akhirnya menetapkan Yoga Denatalio dan Agresia Efritha Anthaloka utusan perwakilan dari Kecamatan Kahayan Tengah menjadi Bandar dan Sumbu Kurung 2023 dalam grand final diikuti 20 peserta mewakili delapan yang digelar di GPU Handep Hapakat, Kamis (24/11/2023) malam.

“Untuk putra putri terpilih menjadi duta pariwisata ini diharapkan bisa mempromosikan pariwisata dan budaya yang ada di kabupaten setempat agar lebih dikenal oleh masyarakat luas baik tingkat lokal, nasional maupun internasional,” kata Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani.

Nunu Andriani memberikan apresiasi dilaksanakannya pemilihan Bandar dan Sumbu Kurung 2023. Sektor pariwisata merupakan dampak yang luas untuk Kabupaten Pulang Pisau dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan terhadap generasi muda ke depan, dimana saat ini Indonesia tengah gencar-gencarnya untuk mempromosikan wisata yang dimiliki.

Telah terbukti dalam prioritas pembangunan yang digalakkan sesuai dari instruksi Presiden Indonesia Jokowi Widodo tertuang dalam nawa cita. Keberadaan industri pariwisata saat ini juga sudah sebagai salah satu bagian untuk sumber devisa negara yang dapat memberikan kontribusi cukup tinggi. 

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan, terang Nunu Andriani, bahwa pariwisata bersifat multi dimensi serta multi disiplin yang muncul sebagai wujud kebutuhan setiap orang.

Pemerintah setempat tentunya sangat mendukung kegiatan pemilihan Bandar dan Sumbu Kurung karena memiliki nilai positif yang  bisa mendorong kemajuan pariwisata bagi daerah. 

Menurut Nunu Andriani, adanya pariwisata yang bisa menjual jasa layanan dan objek wisata memiliki dampak positif tersendiri untuk motivasi pemerintah pusat maupun daerah dalam pengembangan objek destinasi wisata. 

Baca juga: Sebanyak 16 tim ikuti turnamen sepak takraw Bupati Pulang Pisau

Pemilihan putra putri pariwisata ini yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) merupakan sebuah sarana untuk mempromosikan pariwisata, dan budaya yang ada di kabupaten setempat. 

Nunu Andriani mengingatkan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar bagian dari kegiatan tahunan saja melainkan bisa sebagai wadah untuk menjaring putra putri pariwisata yang nantinya bisa mewakili Kabupaten Pulang untuk mengikuti berbagai kegiatan di tingkat provinsi, dan bahkan hingga nasional. 

Bandar dan Sumbu Kurung Kabupaten Pulang Pisau 2023 ini, kata dia, bisa menjadi ajang untuk menggali potensi pariwisata dan kebudayaan yang dikembangkan untuk promosi kepariwisataan.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini juga menjadi promotor untuk mempromosikan potensi-potensi wisata di kabupaten setempat agar menarik minat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung. 

Berikut nama pemenang pemilihan putra putri pariwisata Bandar dan Sumbu Kurung 2023. Bandar 
Yoga Denatalio Kecamatan Kahayan Tengah dan Sumbu Kurung Agresia Efritha Anthaloka Kecamatan Kahayan Tengah.

Runner up pertama putra diraih Gabriel Keintjem Kecamatan Jabiren Raya. Runner up pertama putri diraih Lidvia Mega Umairah Kecamatan Kahayan Hilir. Runner up keduaI putra diraih Jhosua Timotius Siloy Kecamatan Maliku. Runner up kedua putri diraih Floresinta Alfa Samaria Kecamatan Sebangau Kuala.
 
Best Presenter diraih Cristina Dela Kecamatan Jabiren Raya. Putra Fotogenik diraih Ilham Fajar Kecamatan Pandih  Batu. Putri Fotogenik diraih Illa Kecamatan Banama Tingang. Putra Favorit diraih Yoga Denatalio Kecamatan Kahayan Tengah.  Putri Favorit diraih Jessica Denaista Cristin Kecamatan Kahayan Tengah.

Putra Intelegensia: Andika Agustin Kecamatan Kahayan Tengah. Putri Intelegensia: Alsha Padila, Kecamatan Kahayan Kuala. Putra Berbakat: Eko Triono Kecamatan Banama Tingang. Putri Berbakat diraih Septriana Enjelika Kecamatan Maliku.

Baca juga: Pemkab Pulang Pisau optimalkan ekstensifikasi pendapatan daerah

Baca juga: Penjabat Bupati ingatkan jaga kerukunan jelang Konferensi PWI Pulang Pisau

Baca juga: 43 Pramuka Pulang Pisau terima penghargaan lencana Pancawarsa