Dewan harapkan Pemdes pahami tata kelola keuangan Desa

id Dprd murung raya

Dewan harapkan Pemdes pahami tata kelola keuangan Desa

Dewan harapkan Pemdes pahami tata kelola keuangan Desa

Puruk Cahu (ANTARA) - Kapasitas dari Aparatur desa berkembang, maka potensi untuk meningkatkan kualitas desa dapat terwujud. 

Karenanya aparatur desa diharapkan dapat memahami dan mengerti tentang pemerintahan dan tata kelola keuangan desa dengan efektif dan efiisien, transparan, akuntabel dan proposional. 

Ketua DPRD Mura Doni berharap, para Kepala Desa di Kabupaten Murung Raya dapat mengerti dan memahami manajemen Pemerintahan desa secara profesional, termasuk menyusun dokumen perencanaan pembangunan desa melalui musyawarah desa (Musdes), musrenbangdes, RKPBDes dan RPJMDes. 

Menurutnya, wawasan dan pengetahuan merupakan hal wajib dimiliki oleh seorang Aparatur Desa, dikarenakan hal tersebut merupakan tolak ukur untuk kemajuan sebuah desa.

Selain itu, aparatur desa diharuskan mempunyai wawasan yang lebih tinggi dari masyarakatnya dalam mengelola Pemerintahan tingkat desa dan agar desa semakin berkembang dan maju. 

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan aparatur desa, meningkatkan kualitas atau kapasitas sumber daya Aparatur Desa dan memberikan pemahaman kepada para kades terkait manajemen pemerintahan desa,” kata Doni, Senin (27/11/2023). 

Ditambahkannya, Kades juga dapat memahami alur penyusunan pengelolaan keuangan desa melalui perencanaan penatausahaan pelaporan keuangan Desa.