Legislator dukung DPUPR Barsel laksanakan pelatihan pengawasan pekerjaan konstruksi

id Legislator dukungDPUPR Barsel laksanakan pelatihan pengawasan pekerjaan konstruksi, kalteng, barsel, Barito Selatan, Buntok

Legislator dukung DPUPR Barsel laksanakan pelatihan pengawasan pekerjaan konstruksi

Anggota DPRD Barito Selatan, Nurul Hikmah. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Nurul Hikmah mendukung langkah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat yang telah melaksanakan pelatihan pengawasan pekerjaan konstruksi.

"Pelatihan yang dilaksanakan tersebut guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang pengawasan," katanya di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, melalui pelatihan pengawasan pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan ini dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pekerjaan proyek di Kabupaten Barito Selatan.

"Hal itu mengingat, saat ini Kabupaten Barito Selatan sedang terus meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan serta dalam bidang lainnya guna kemajuan daerah," kata politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Barito Selatan itu.

Menurut dia, dengan meningkatnya kompetensi aparatur pengawasan, tentunya akan berimbas pada meningkatnya kualitas pekerjaan konstruksi yang akan dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana di lapangan.

Dengan demikian kata Nurul Hikmah, kualitas pekerjaan konstruksi yang akan dilaksanakan kontraktor pelaksana kedepannya akan menjadi lebih baik lagi.

"Selaku anggota DPRD dari komisi II DPRD Barito Selatan, saya sangat mendukung langkah yang telah dilakukan DPUPR Barito Selatan melaksanakan pelatihan tersebut," kata dia.

Baca juga: Pemkab Barsel jajaki kerja sama pendidikan dengan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Sementara Sementara, Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi DPUPR Barito Selatan, Hawinu menyampaikan, pelatihan yang dilaksanakan ini bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) BPSDM Kementerian PUPR dan Balai pengembangan kompetensi wilayah VII Banjarmasin.

"Kegiatan ini merupakan upaya kita mengembangkan kompetensi aparatur khususnya pengawas lapangan agar pelaksanaan pekerjaan di lapangan bisa sesuai dengan ketentuan," jelasnya.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 28 orang, baik yang berstatus sebagai PNS maupun non PNS yang saat ini bertugas sebagai pengawas lapangan.

Sedangkan yang menjadi instruktur dalam pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari dari 27 November hingga 1 Desember itu dari Pusbangkom BPSDM Kementerian PUPR Republik Indonesia.

Selain itu ia juga menyampaikan pihaknya juga sebelumnya telah melaksanakan pelatihan bagi tenaga kerja konstruksi yang ada di daerah ini.

"Kita juga pada tahun 2023 ini telah melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) dan sejumlah pelatihan-pelatihan," kata Hawinu.

Sedangkan tahun depan, pihaknya kembali melaksanakan sejumlah kegiatan dalam upaya meningkatkan kompetensi yang berhubungan dengan Sumber Daya Manusia (SDM), baik bagi penyedia jasa konstruksi maupun aparatur di DPUPR Barito Selatan.

"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada penjabat Bupati Barito Selatan, bapak DR Deddy Winarwan yang telah mendukung, dan memfasilitasi, sehingga pelatihan yang bekerjasama dengan Kementerian PUPR bisa terlaksana dengan baik," demikian Hawinu.

Baca juga: Pemkab Barsel studi tiru pengelolaan sampah ke Banyumas

Baca juga: DPRD Barito Selatan ajak generasi muda lestarikan budaya daerah

Baca juga: DPRD Legislator Barsel minta program peningkatan kreatifitas pemuda terus dilaksanakan