Akademisi UMPR tingkatkan kompetensi pemasaran digital pada guru

id umpr, universitas muhammadiyah palangkaraya, Tim Akademisi Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Bisnis dan Informatika, fbi palangkaraya, guru palan

Akademisi UMPR tingkatkan kompetensi pemasaran digital pada guru

Akademisi UMPR tingkatkan kompetensi pemasaran digital pada guru SMKN 2 Palangka Raya. (ANTARA/HO-Humas UMPR)

Palangka Raya (ANTARA) -
Tim Akademisi Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Bisnis dan Informatika (FBI), Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ikut ambil bagian pada peningkatan kompetensi pemasaran digital sejumlah guru di Kota Palangka Raya.
 
"Upaya ini kami lakukan melalui Program Pengabdian Masyarakat (Pengmas) dan dilaksanakan melalui workshop," kata Tim Pengmas UMPR Ahyar Junaedi SE MM melalui pernyataan tertulis yang diterima di Palangka Raya, Sabtu.
 
Dia menambahkan, kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertajuk Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Berbasis Dunia Kerja, Program Keahlian Pemasaran, SMK Negeri 2 Palangka Raya. Dilaksanakan di laboratorium komputer SMK Negeri 2 Palangka Raya dan dihadiri para guru bidang pemasaran.
 
Akademisi UMPR tingkatkan kompetensi pemasaran digital pada guru SMKN 2 Palangka Raya. (ANTARA/HO-Humas UMPR)
 
Secara umum, kegiatan yang melibatkan tiga mahasiswa bernama Andykha Mujizatryo, Latif Ridho Firmansyah dan Sunni Azmi ini meliputi empat komponen materi. Pertama pengenalan konsep dan praktik digital branding. Kemudian memberikan pemahaman tentang digital onboarding.
 
Ketiga mengajarkan strategi digital marketing yang efektif dan terakhir meningkatkan pemahaman tentang efisiensi digital operasional.
 
Di antara penjabaran empat komponen itu seperti dengan memperkenalkan para guru SMK Negeri 2 Palangka Raya pada konsep dasar digital branding untuk membangun identitas sekolah yang kuat dan dikenal secara luas.
 
Kemudian juga untuk memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana menerapkan praktik-praktik terbaik dalam digital branding untuk memperkuat citra positif sekolah di era digital.
 
Anggota tim Pengmas lainnya, Mohamad Rafii ST MM menambahkan, pada kegiatan tersebut para guru juga mendemonstrasikan strategi digital marketing yang relevan dan efektif untuk meningkatkan visibilitas sekolah, menarik minat calon siswa, dan memperkuat keterlibatan komunitas.
 
"Kami juga memberikan keterampilan praktis dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kampanye digital yang sukses pada konteks pendidikan SMK," kata Mohamad.
 
Melalui kegiatan ini, diharapkan tercapai berbagai hasil konkret dan dampak positif yang signifikan bagi para guru SMK Negeri 2 Palangka Raya.

Baca juga: UMPR: Akreditasi institusi indikator kualitas lulusan perguruan tinggi

Baca juga: Disdik Palangka Raya-UMPR kerja sama peningkatan kualitas guru

Baca juga: Perangkat daerah di Palangka diminta fokus tuntaskan program kerja