Gebyar undian berhadiah PBB-P2 Kotim apresiasi bagi wajib pajak disiplin

id Gebyar undian berhadiah PBB-P2 Kotim apresiasi bagi wajib pajak disiplin, kalteng, pemkab kotim, Sampit, kotim, bupati kotim, Halikinnor

Gebyar undian berhadiah PBB-P2 Kotim apresiasi bagi wajib pajak disiplin

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor bersama sejumlah pejabat daerah menyaksikan pengundian berhadiah PBB-P2 bagi wajib pajak yang telah melunasi tagihan sebelum 30 September 2023, Sabtu (2/12/2023) malam. ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat menggelar acara gebyar undian berhadiah Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) sebagai bentuk apresiasi bagi wajib pajak yang disiplin membayar.

“Acara pada malam hari ini jangan dilihat dari hadiahnya, tapi bentuk apresiasi dan penghargaan pemerintah daerah terhadap masyarakat yang taat terhadap pajak,” kata Halikinnor di Sampit, Sabtu malam.

Gebyar undian berhadiah PBB-P2 ini dilaksanakan di atrium mal di Kota Sampit. Halikinnor memimpin langsung acara pengundian tersebut yang turut dihadiri Wakil Bupati Irawati, Sekretaris Daerah Fajrurrahman, seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan tamu undangan.

Disaksikan langsung oleh para pengunjung mal, pihaknya berharap gebyar undian berhadiah itu dapat memotivasi masyarakat, khususnya wajib pajak, untuk lebih disiplin dalam membayar pajak. Jika seluruh masyarakat patuh dan tertib dalam membayar pajak, otomatis pendapatan daerah pun akan bertambah. 

“Kalau pendapatan kita bertambah, maka tentunya program pembangunan oleh pemerintah daerah pun bisa lebih baik lagi,” imbuhnya.

Baca juga: Pembangunan BLK Kemnaker di Kotim mulai berjalan

Dijelaskannya, pajak daerah merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang dipergunakan untuk pembangunan sarana atau fasilitas umum, seperti jalan, jembatan, sekolah, fasilitas kesehatan dan lainnya. 

Berdasarkan laporan Kepala Bapenda Kotim, diketahui bahwa ada peningkatan penerimaan pajak daerah hingga lebih dari 47 persen, artinya bahwa perekonomian Kotim telah pulih dan normal pasca pandemi COVID-19. 

Selain itu, kesadaran masyarakat akan kewajiban membayar pajak pun semakin bagus, ditambah lagi dengan telah diluncurkannya sistem pembayaran online yang memudahkan para wajib pajak untuk membayar di mana saja dan kapan saja, sehingga diharapkan penerimaan pemerintah dari pajak akan semakin tinggi kedepannya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kotim Ramadansyah menyampaikan gebyar undian berhadiah PBB-P2 diperuntukkan bagi wajib pajak yang telah melunasi tagihannya sebelum tanggal 30 September 2023 lalu. Jumlah peserta yang diundi sebanyak 45.274 orang dari total 78.960 orang wajib pajak di Kotim. 

Dalam tahun 2023 ini ada dua rangkaian kegiatan yang digelar Bapenda dalam rangka memberikan apresiasi kepada wajib pajak. Pertama, pekan panutan pajak yang ditujukan bagi aparatur sipil negara, bupati, wakil bupati, dan seluruh jajaran pemerintah di Kotawaringin Timur.

Lalu yang kedua, acara gebyar undian berhadiah PBB-P2 yang ditujukan bagi wajib pajak secara umum dan telah melunasi pajaknya sebelum batas waktu yang ditentukan.

Baca juga: KPU Kotawaringin Timur fasilitasi pemasangan APK di 413 titik

Baca juga: Pemkab Kotim bersiap laksanakan lelang jabatan

Baca juga: Wabup Kotim imbau masyarakat waspada banjir saat puncak musim hujan