Tiga perusahaan kolaborasi optimalkan pengendalian stunting di Gunung Mas

id pt slk, pt sks listrik kalimantan, pt surya kalimantan sejati, pt putra perkasa abadai, posyandu rungan, stunting, gunung mas, gumas, kalteng, kaliman

Tiga perusahaan kolaborasi optimalkan pengendalian stunting di Gunung Mas

PT SKS Listrik Kalimantan (SLK), PT Surya Kalimantan Sejati (SKS) dan PT. Putra Perkasa Abadi (PPA) berkolaborasi melaksanakan pelatihan kader posyandu se-Rungan, Kabupaten Gunung Mas 5-6 Februari 2024. (ANTARA/HO-PT SLK)

Palangka Raya (ANTARA) -
Tiga perusahaan yang terdiri dari PT SKS Listrik Kalimantan (SLK), PT Surya Kalimantan Sejati (SKS) dan PT. Putra Perkasa Abadi (PPA) berkolaborasi mendukung pemerintah dalam mengoptimalkan pengendalian stunting di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.
 
Head of Public Affairs PT SLK Maulana Muhammad dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Selasa, menjelaskan, melalui kolaborasi pada awal 2024 ini pihaknya menggencarkan program dan kegiatan pengendalian stunting atau gangguan pertumbuhan.
 
"Pengendalian stunting menjadi salah satu fokus dari pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Oleh karena itu kami turut berpartisipasi secara aktif dalam upaya pengendaliannya, sehingga bersama-sama mewujudkan generasi penerus yang sehat dan cerdas," terangnya.
 
Dalam pengendalian inflasi ini pihaknya tak hanya memberi stimulan atau bantuan berupa makanan dan vitamin kepada masyarakat, tetapi juga dukungan lain seperti meningkatkan kapasitas maupun kualitas dari kader posyandu.
 
"Peningkatan kapasitas kader posyandu merupakan salah satu hal penting untuk dilakukan, karena mereka memiliki peran strategis mengawal tumbuh kembang anak-anak maupun para ibu hamil di lingkungannya," ujarnya.
 
Dijelaskannya pada 5-6 Februari 2024 PT SLK, PT SKS dan PT PPA baru saja melaksanakan pelatihan kader posyandu tersebut untuk mereka yang berada di Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas. Sebagai narasumber yakni tenaga kesehatan dari Puskesmas Tumbang Jutuh.

Baca juga: Sanggar binaan PT SLK berpartisipasi semarakkan ragam kegiatan masyarakat
 
Pihaknya ingin agar kompetensi kerja dari para kader posyandu dapat semakin ditingkatkan, baik dalam melakukan pendataan secara benar maupun lainnya. Cakupan pendataan tersebut ditargetkan minimal mencapai hingga 80 persen. 
 
"Kami harap keberadaan PT SLK, PT SKS dan PT PPA melalui kegiatan ini semakin dirasakan bermanfaatnya bagi masyarakat," tutur Maulana Muhammad.
 
Dukungan kolaborasi tiga perusahaan ini pun mendapatkan respon positif dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga para kader posyandu dan masyarakat.
 
"Berkerja sama menyukseskan pemberantasan stunting di Kecamatan Rungan," kata Sekcam Rungan, Estorina.
 
PT SKS Listrik Kalimantan merupakan perusahaan penyedia tenaga listrik yang mengoperasikan IPP PLTU Kalteng-1 berkapasitas 2 x 100 MW di Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Baca juga: PT SLK raih Penghargaan Best of the Best Power Plant 2023

Baca juga: PT SLK berdayakan kaum ibu Trans Kajuei, bantu tingkatkan kesejahteraan keluarga

Baca juga: Penuhi kebutuhan darah daerah, PT SLK gelar donor untuk kemanusiaan