DPKUKMP pastikan Distribusi bahan pangan ke Palangka Raya aman jelang Ramadhan

id DPKUKMP Palangka Raya,Kalteng,Opsar Murah ,Sekretaris DPKUKMP Palangka Raya Hadriansyah

DPKUKMP pastikan Distribusi bahan pangan ke Palangka Raya aman jelang Ramadhan

DPKUKMP Kota Palangka Raya menggelar pasar murah di Kelurahan Bukit Tunggal, Kamis (29/2/2024). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memastikan distribusi bahan pangan ke wilayah setempat jelang Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah, aman dan sama sekali tidak ada gangguan.

Sekretaris DPKUKMP Kota Palangka Raya Hadriansyah di Palangka Raya, Kamis, mengatakan meskipun pasokan bahan pangan ke daerah setempat aman namun masih ada sejumlah harga bahan pangan yang mengalami kenaikan harga seperti beras dan cabai.

"Untuk stok pangan di daerah kita aman dan tidak ada yang kekurangan, hanya saja saat ini beberapa harga bahan pangan memang ada kenaikan tentunya ada penyebabnya," kata Hadriansyah di Palangka Raya.

Dia menjelaskan, naiknya harga beras lokal dan beras jawa diakibatkan karena adanya el nino yang melanda di sejumlah daerah penghasil beras tersebut, sehingga para petani beras mengalami gagal panen.

Hal serupa juga dialami oleh petani cabai, saat ini harga cabai di pasar tradisional Palangka Raya di angka Rp90 ribu per kilogramnya. Naiknya harga cabai itu juga diakibatkan gagalnya panen.

"Merawat tanaman cabai ini memang perlu ekstra, karena saat cuaca panas bisa gagal panen, begitu pula pada saat cuaca ekstrem maka dari itu perlu perlakuan yang benar-benar diperhatikan sehingga tanaman cabai tersebut berbuah dengan baik," bebernya.

Untuk mengantisipasi, sambung Hadriansyah, kenaikan sejumlah kebutuhan bahan pangan tersebut tentunya DPKUKMP Palangka Raya gencar melakukan operasi pasar murah di sejumlah tempat.

Baca juga: BPBD Palangka Raya salurkan bantuan sembako kepada korban banjir

Sebelumnya pihaknya melakukan operasi pasar murah di Kelurahan Kameloh Baru, sedangkan pada hari ini dilaksanakan di Kelurahan Bukit Tunggal yang notabene jumlah penduduknya juga cukup banyak di daerah setempat.

"Selain itu pula, peresmian Gerai TPID yang bekerjasama dengan Bulog setempat juga akan diperluas setelah di Kelurahan Kalampangan, nantinya akan dibuka di Kecamatan Bukit Batu dengan tujuan menstabilkan harga bahan pangan yang mengalami kenaikan," ungkapnya.

Sebelum mengakhiri perbincangannya, Sekretaris DPKUKMP Kota Palangka Raya itu menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan kembali membuka pasar penyeimbang.

Pasar penyeimbang itu nantinya, akan menjual beberapa bahan pokok dan harganya juga cukup murah dibandingkan harga bahan pokok yang berada di pasar tradisional.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya gelar operasi pasar murah stabilkan harga

Baca juga: Gerai TPID mampu intervensi inflasi di Palangka Raya

Baca juga: Pemkot Palangka Raya kendalikan inflasi melalui pasar murah