Diskominfo Palangka Raya tingkatkan literasi digital pada siswa

id Diskominfo Palangka Raya tingkatkan literasi digital pada siswa, kalteng, Palangka raya, diskominfo, investasj

Diskominfo Palangka Raya tingkatkan literasi digital pada siswa

Diskominfo melaksanakan program literasi digital di salah satu SMP di Kota Palangka Raya. ANTARA/HO-Diskominfo Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) terus meningkatkan literasi digital kepada siswa di kota setempat.

"Salah satu upaya tersebut adalah dengan melaksanakan sosialisasi literasi digital melalui program Kominfo Goes To School," kata Kepala Diskominfo Palangka Raya Saipullah di Palangka Raya, Rabu.

Pria yang akrab disapa Saipul ini mengatakan, program ini telah dilaksanakan diantaranya di SMA Negeri 4 Kota Palangka Raya dan di SMP Negeri 3 Palangka Raya.

Dia mengatakan, peningkatan literasi digital ini bertujuan mewujudkan masyarakat cerdas di Kota Palangka Raya, termasuk memastikan generasi muda melek teknologi informasi. Kemampuan literasi digital menjadi kemampuan strategis yang harus dimiliki saat ini.

“Generasi muda saat ini harus mampu menggunakan teknologi untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat dan mengkomunikasikan konten/informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal,” katanya.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Hendra Surya mengatakan, pentingnya peran generasi muda dalam menyebarkan informasi yang benar dan memerangi penyebaran berita bohong di dunia digital.

Baca juga: Dirjen Nakes Kemenkes visitasi lapangan pendirian Fakultas Kedokteran UMPR

“Dengan pemahaman yang baik tentang kebenaran informasi, generasi muda dapat menjadi agen perubahan dalam membangun masyarakat yang cerdas dalam mengonsumsi informasi,” kata Hendra.

Dia mengatakan, pada sosialisasi terakhir yang digelar di SMPN 3 Palangka Raya, siswa juga diberikan workshop praktis tentang cara mengenali dan memeriksa keaslian berita.

Kemudian juga diskusi interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya kejujuran dan integritas dalam menyebarkan informasi di era digital.

Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda dapat menjadi garda terdepan dalam melawan penyebaran berita bohong dan mampu menyebarkan informasi yang akurat dan bertanggung jawab demi terwujudnya masyarakat yang cerdas dan beradab di era digital.

Dia menambahkan, banyaknya konten negatif saat ini yang tersebar di masyarakat juga harus diwaspadai dan diantisipasi sejak dini.

Keberadaan konten negatif dapat merusak ekosistem digital yang saat ini hanya bisa ditangkap dengan membangun kesadaran dari tiap-tiap individu.

“Banyak informasi-informasi negatif yang bertebaran dan itu perlu diantisipasi dengan memiliki kemampuan dalam memilah, memilih dan membaca secara analitik agar mendapatkan informasi yang benar dan valid,” katanya.

Baca juga: Pemkot pastikan psikologis korban pemukulan wali murid di Palangka Raya

Baca juga: Disdik Palangka Raya minta satuan pendidikan cegah kekerasan di sekolah

Baca juga: Tekan kenaikan harga, Pemkot diminta pastikan beras Bulog terdistribusi merata