Legislator berharap pengurus baru Percasi mampu tingkatkan prestasi catur Gumas

id Legislator berharap pengurus baru Percasimampu tingkatkanprestasicatur Gumas, kalteng, gumas, Gunung mas, olahraga

Legislator berharap pengurus baru Percasi mampu tingkatkan prestasi catur Gumas

Legislator Kabupaten Gumas Rayaniatie Djangkan (kanan) dan Ketua Percasi Gumas Aprianto berfoto bersama usai mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di Kuala Kurun, Sabtu (1/6/2024). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rayaniatie Djangkan mengucapkan selamat atas terpilihnya Aprianto sebagai Ketua Pengurus Cabang Persatuan Catur Indonesia (Percasi) kabupaten setempat masa bakti 2024-2028.

“Saya harap dengan adanya ketua baru akan membawa angin segar di tubuh Percasi Gumas, sehingga cabang olahraga catur di daerah kita ini semakin maju,” ucap dia di Kuala Kurun, Sabtu.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan I, yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun itu menilai, cabang olahraga (cabor) catur memiliki potensi untuk dikembangkan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Potensi tersebut terlihat dari keberhasilan salah satu pelajar SMAN 1 Kuala Kurun atas nama Rio Devasya, menjadi juara 1 turnamen terbuka catur kategori SMA di Palangka Raya, 31 Agustus hingga 5 September 2023.

Oleh sebab itu, dia berharap Aprianto selaku ketua baru Percasi Gumas akan mampu membawa kemajuan bagi cabor catur di Gumas, sehingga akan semakin banyak atlet potensial yang lahir dari kabupaten setempat.

Baca juga: DPRD Gumas minta sinergi penanggulangan bencana hingga tingkat desa diperkuat

“Tentunya Pak Aprianto tidak bisa bekerja sendirian untuk memajukan cabor catur di Gumas. Seluruh pemangku kepentingan juga harus mendukung,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Untuk diketahui, Aprianto yang merupakan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Gumas terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Percasi kabupaten setempat 2024-2028, pada pelaksanaan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) di Kuala Kurun, Selasa (28/5).

Aprianto menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya, sekaligus memohon dukungan doa agar mampu menjalankan amanah, membawa olahraga catur di Gumas semakin maju dan berkembang.

Menurut dia, ke depan pembinaan akan dilakukan secara maksimal, untuk menjaring atlet-atlet catur yang mampu berbicara banyak dan menorehkan prestasi di berbagai ajang, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

“Saya optimis, dengan pembinaan yang maksimal dan melaksanakan turnamen catur di Gumas secara intens, maka akan muncul atlet catur potensial dan dapat mendulang medali di berbagai ajang,” demikian Aprianto.

Baca juga: Pancasila kuatkan kerukunan masyarakat Gumas menuju Indonesia Emas 2045

Baca juga: Pengembangan pariwisata di Gumas memerlukan dukungan provinsi dan pusat

Baca juga: Legislator Gumas perjuangkan keberlanjutan rekonstruksi ruas jalan Tumbang Miwan-Tumbang Empas