Pemkab Barut harapkan LHP jadi motivasi pengelolaan keuangan daerah

id penjabat bupati barito utara muhlis,penyampaian lhp lkpp,presiden jokowi,jakarta,barut,barito utara,kalteng

Pemkab Barut harapkan LHP jadi motivasi pengelolaan keuangan daerah

Pj Bupati Baito Utara Muhlis bersama Ketua DPRD setempat Hj Mery Rukaini hadiri penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Semester II 2023 di Jakarta, Senin (8/7/2024).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, mengharapkan penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2023 dan Ikhtisar Hasil Semester II 2023 menjadi motivasi pengelolaan keuangan daerah.

"Tentunya ini  akan menjadi motivasi bagi kita semua agar pengelolaan keuangan daerah kita akan lebih baik lagi ke depannya,” kata Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis usai menghadiri penyampain LHP LKPP 2023 di Jakarta, Senin.

Kegiatan yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo bersama Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto juga dihadiri selain Pj Bupati Barito Utara juga Ketua DPRD setempat Mery Rukaini.

Menurut Muhlis momentum ini merupakan kegiatan untuk menyamakan persepsi kepada seluruh kepala daerah khususnya dalam pelaksanaan anggaran.

Pemerintah Kabupaten Barito Utara, katanya, hingga saat ini terus melaksanakan program yang menyentuh masyarakat, seperti penyaluran bantuan sosial, pemberian jaminan sosial kepada masyarakat. 

“Alhamdulillah, pemerintah daerah telah menjalankan program-program lainnya yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat di daerah ini," katanya.

Dia mengatakan selain pelaksanaan kegiatan yang sejalan dengan Presiden tersebut, Pemerintah Kabupaten Barito Utara juga telah berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah sebanyak 10 kali berturut-turut. 

Baca juga: Pj Bupati Barut harapkan peserta PKN maksimalkan inovasi proyek

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya menekankan kepada seluruh kepala daerah untuk bisa menggunakan APBD dengan sebaik-baiknya. 

“APBD ini merupakan uang rakyat, jadi kita harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya, mengedepankan program-program yang memprioritaskan kepada masyarakat dan tentunya berdampak kepada mereka,” kata Jokowi. 

Presiden juga meminta kepada setiap daerah untuk terbuka dan transparan terkait pengelolaan keuangan. 

"Karena untuk menjadikan Indonesia Emas 2045, kita harus menguatkan pondasi keuangan negara kita," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Pj Bupati Barut dianugerahi Gelar Ningrat Kehormatan dari Keraton Solo

Baca juga: Pj Sekda Barito Utara jadi mentor pejabat peserta seminar proper PKN

Baca juga: Pemkab tetapkan puncak Hari Jadi ke-74 Barito Utara pada 22 Juli