Sei Gohong masuk 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia versi ADWI 2024

id Sei Gohong masuk 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia versi ADWI 2024, kalteng, Palangka raya, wisata, pariwisata

Sei Gohong masuk 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia versi ADWI 2024

Seorang pengunjung di wisata Danum Bahandang kawasan Desa Wisata Sei Gohong Palangka Raya. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Kawasan Desa Wisata Sei Gohong di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) masuk dalam 50 besar sebagai desa wisata terbaik se Indonesia tahun 2024 versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024.

"Pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024 kemarin, Desa Wisata Sei Gohong berhasil masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia," kata Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Senin.

Desa Wisata Sei Gohong memiliki luas sekitar 89 Kilometer ini mempunyai tempat wisata yang menyediakan sejumlah daya wisata tarik bagi wisatawan.

Diantaranya destinasi wisata alam, Sei Batu yang merupakan wisata pemandian yang memanfaatkan aliran Sungai Rungan. Destinasi Danum Bahandang, merupakan wisata pemandian memanfaatkan aliran sungai rungan yang memiliki ciri airnya berwarna merah.

Sungei Kahui dan Lewu Bue yang merupakan wisata pemandian di aliran Sungai Rungan yang memiliki ciri air berwarna merah dan kondisi alam yang masih terjaga.

Ada juga wisata Susur Sungai Telok Kaja yang merupakan wisata susur sungai memanfaatkan aliran Sungai Rungan dan pulau konservasi Orang Utan dari yayasan Bos Foundation.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tingkatkan fasilitas produksi Poklahsar

Kemudian, pada daya tarik budaya, kawasan ini menyajikan Cagar Budaya “Huma Hai” yang merupakan rumah nuansa lokal dengan ciri khas bangunan rumah betang. Rumah ini merupakan peninggalan dari orang pertama yang membuka pemukiman yang juga merupakan asal usul nama Kelurahan Sei Gohong.

Kemudian juga ada lokasi perkebunan tanaman obat tradisional khas suku dayak, penjualan tanaman obat tradisional Suku Dayak. Ada Café Kahiu yang merupakan kafe bernuansa tradisional bertempat di rumah betang yang merupakan rumah khas suku dayak dan mempunyai konsep makanan "healty food".

Hera menambahkan, selain Desa Wisata Sei Gohong, Kawasan Wisata Kereng Kota Palangka Raya juga berhasil meraih posisi 10 besar Desa Wisata terbaik di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

“Dua desa wisata kita, Sei Gohong dan Kereng Bangkirai telah menunjukkan potensi besar dalam pengembangan pariwisata. Pencapaian ini merupakan kebanggaan bagi kami dan merupakan hasil kerja keras serta dedikasi semua pihak yang terlibat,” kata Hera.

Dia pun berharap, berharap prestasi ini dapat mendorong kemajuan lebih lanjut dalam sektor pariwisata Kota Palangka Raya.

“Kami berharap hasil yang diraih ini dapat menjadi motivasi untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas desa wisata kita. Semoga prestasi ini juga membawa dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Kota Palangka Raya,” katanya.

Dengan pencapaian ini, Hera berharap masyarakat dan semua pihak terkait akan semakin termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan pariwisata daerah.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng terima penghargaan dari Menkumham RI

Baca juga: DPRD Palangka Raya: Perlu tindakan dan kesadaran dalam penerapan perda

Baca juga: Sekretariat Daerah Palangka Raya tingkatkan layanan melalui Pelangi Setda