Paskibraka Katingan siap bertugas pada upacara HUT Ke-79 RI

id Paskibraka Katingan siap bertugas pada upacara HUT Ke-79 RI, kalteng, kasongan, katingan

Paskibraka Katingan siap bertugas pada upacara HUT Ke-79 RI

Penjabat Bupati Katingan, Sutoyo saat berjabat tangan serta foto bersama dengan Paskibraka Kabupaten Katingan, Kamis (15/8/2024) malam. ANTARA/Naslee

Kasongan (ANTARA) - Penjabat Bupati Katingan, Kalimantan Tengah Sutoyo, mengukuhkan 56 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Katingan dalam rangka persiapan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 di Gedung Salawah Kasongan, Kamis malam.

"Sebanyak 56 Paskibraka tersebut terdiri dari 32 orang putra dan 24 orang putri hasil seleksi dari satuan pendidikan setingkat SMA/SMK/MA atau Sederajat perwakilan dari 13 Kecamatan di Kabupaten Katingan," katanya di Kasongan.

Dia mengatakan, para anggota Paskibraka harus bersyukur dan berbangga karena mendapatkan kehormatan dan kepercayaan tinggi dari Pemerintah Kabupaten Katingan untuk mengemban tugas mengibarkan bendera merah putih pada 17 Agustus 2024.

"Pertanggungjawabkan kehormatan dan kepercayaan ini, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan tugas yang mulia ini," jelas Sutoyo.

Dia mengatakan sebagai generasi muda Indonesia haruslah selalu terus membina diri agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, serta mempunyai wawasan yang luas, kokoh kepribadiannya memiliki jiwa kepemimpinan, semangat kerja keras dan memiliki karakter yang berjiwa merah putih, siap mengabdi dan berbakti bagi bangsa dan negara Indonesia.

Baca juga: Pemkab minta DPRD Katingan memaksimalkan peran mengawal Pilkada Serentak 2024

Generasi muda diharapkan bisa menjaga harkat dan martabat bangsa Indonesia, karena generasi muda sebagai penentu masa depan bangsa sekaligus sebagai agen perubahan, kontrol sosial dan kekuatan moral.

Generasi muda yang gemar bekerja keras, kreatif serta inovatif dan berakhlak mulia tentunya dapat mencapai suatu yang diinginkan untuk kemajuan bersama bagi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dia mengatakan, pelaksanaan Diklat Paskibraka adalah merupakan kewajiban Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan dalam mewujudkan kesetiaan kita kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Program kegiatan Diklat Paskibraka Tingkat Kabupaten Katingan juga merupakan upaya Pemerintah daerah untuk menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa, peningkatan prestasi dan wawasan kepada pemuda untuk menjadi warga negara yang disiplin dan berbudaya  dan mampu menjadi pemimpin di masa depan.

"Terima kasih kepada Tim Penyelenggara dan Tim Pelatih serta semua pihak yang memberikan bantuan dan dukungan sehingga pelaksanaan Diklat Paskibraka tingkat Kabupaten Katingan tahun 2024 ini dapat berjalan dengan lancar," pungkasnya.

Baca juga: Sekda Katingan tekankan amanat UU tentang optimalisasi peran DPRD

Baca juga: 25 anggota DPRD Katingan resmi mulai bertugas

Baca juga: Empat Penjabat Bupati di Kalteng resmi dilantik