Pemkab Kobar siapkan kafilah terbaik di MTQH Kalteng

id Pemkab Kobar siapkan kafilah terbaik diMTQHKalteng, kalteng, kobar, Kotawaringin barat

Pemkab Kobar siapkan kafilah terbaik di MTQH Kalteng

Persiapan pelaksanaan MTQH tingkat Kabupaten Kobar, Senin (19/8/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kobar

Pangkalan Bun  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) yang ke-54, dalam rangka mempersiapkan kafilah terbaik yang akan berkompetisi di ajang MTQH tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. 

"MTQH ini merupakan ajang persiapan penting bagi duta-duta kita untuk mewakili Kotawaringin Barat di tingkat provinsi, sekaligus meningkatkan kualitas spiritual masyarakat kita," kata Ketua Panitia Pelaksana MTQH Kobar Asyikin Noor Bakri di Pangkalan Bun, Selasa.

Asyikin mengatakan, kegiatan MTQH tersebut di ikuti sebanyak 277 peserta dari enam kecamatan, serta dukungan dari 173 official, sehingga total keseluruhan peserta yang terlibat mencapai 450 orang.

"Acara ini dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 20 hingga 24 Agustus 2024 di Stadion Sampuraga, Pangkalan Bun," ucapnya.

Dia menyebutkan, ada 9 cabang lomba yang akan di selenggarakan pada ajang MTQH tingkat Kabupaten Kobar tersebut.

Cabang lomba tersebut yaitu seni baca Al Qur'an, qiraat Al Qur'an, hifzd Al Qur'an, tafsir Al Qur'an, fahm Al Qur'an golongan putra dan putri beregu, syarhil Al Qur'an, seni kaligrafi Al Qur'an, karya tulis ilmiah Al Qur'an putra dan putri serta musabaqah hadits Nabi.

Asyikin menyampaikan, bahwa MTQH tahun ini menyongsong tema "Dengan Semangat Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits ke-54, Kita Tingkatkan Kualitas Iman dan Taqwa Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat yang Madani”. 

Baca juga: Resmi dilantik, Siti Mukaromah Ketua DPRD Kobar sementara

"Tema ini mencerminkan komitmen panitia dalam membangun masyarakat yang lebih religius dan berakhlak, melalui peningkatan kualitas iman dan takwa," ujarnya.

Dia menjelaskan, demi kelancaran pelaksanaan MTQH tersebut, pihaknya telah melaksanakan berbagai persiapan mulai dari mengadakan rapat koordinasi dan gladi kotor.

"Rakor itu bertujuan untuk memastikan panitia menjalankan tugasnya dengan baik, serta gladi kotor untuk mengevaluasi sejauh mana kesiapan kita, agar tidak ada kendala berarti saat acara pembukaan," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan penataan di Stadion Sampuraga dengan berbagai dekorasi dan fasilitas pendukung yang diharapkan mampu menciptakan suasana khidmat dan meriah.

Serta, panitia juga fokus pada penyambutan peserta dan official yang datang dari berbagai kecamatan. Tim khusus telah dibentuk untuk memastikan akomodasi dan logistik bagi para peserta terpenuhi dengan baik.

"Kami ingin memastikan setiap peserta merasa nyaman dan dapat berkompetisi dengan maksimal. Persiapan ini kami lakukan demi kelancaran dan kesuksesan MTQH ke-54," demikian Asyikin Noor Bakri.

Baca juga: Pj Bupati minta jaga semangat perjuangan bangsa di Kobar

Baca juga: Pj Bupati resmi kukuhkan 70 pelajar Kobar terpilih jadi paskibraka

Baca juga: Dishub Kobar terima bantuan 175 baju pelampung