Pj Bupati minta jaga semangat perjuangan bangsa di Kobar

id pemkab kobar, pj bupati budi santosa, hut ke 79 ri, hari kemerdekaan, pangkalan bun, kotawaringin barat

Pj Bupati minta jaga semangat perjuangan bangsa di Kobar

Pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pangkalan Bun, Sabtu (17/8/2024). (ANTARA/Safitri RA)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah setempat.

"Pengibaran bendera ini bukan sekadar seremonial, tetapi merupakan simbol dari semangat perjuangan bangsa Indonesia yang harus kita jaga dan wariskan kepada generasi penerus," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Sabtu.

Pada hari puncak Kemerdekaan Republik Indonesia ini dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu memelihara kerukunan dan keharmonisan.

“Sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan, kita harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan, serta bersama-sama meneruskan pembangunan untuk mewujudkan bangsa yang maju, adil, sejahtera, dan bermartabat," ucapnya.

Baca juga: Peringati HUT RI, Wagub Kalteng sebut kolaborasi sebagai kunci pembangunan

Dia menyampaikan, upacara pengibaran bendera ini menjadi salah satu momen penting dalam rangkaian peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Kobar. 

"Selain sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan, upacara ini juga menjadi simbol semangat persatuan dan tekad untuk terus membangun negeri ke arah yang lebih baik," jelasnya.

Kegiatan upacara tersebut diikuti oleh seluruh elemen masyarakat di Kobar, mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, instansi vertikal, pelajar, mahasiswa, hingga organisasi kemasyarakatan, dan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat.

"Partisipasi yang luas ini mencerminkan semangat kebersamaan dan kecintaan masyarakat terhadap bangsa dan negara," tambahnya.

Pada kesempatan ini juga Budi Santosa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi dalam menjaga daerah tetap kondusif menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Pilkada ini menentukan pemimpin yang baik untuk pembangunan daerah ke depan. Maka dari itu saya mengajak masyarakat bersama-sama menyukseskan pilkada serentak ini," demikian Budi Santosa.

Baca juga: Megawati tak hadiri Upacara HUT RI di IKN karena agenda partai

Baca juga: Wali Kota: HUT RI momentum pemuda persembahkan karya terbaik untuk bangsa

Baca juga: DPRD apresiasi Kelurahan Langkai selenggarakan lomba HUT RI bersama masyarakat