Pj Bupati: Jadikan MTQH tingkat Kobar ajang mempersiapkan calon kafilah terbaik

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Pj Bupati Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Budi Santosa, Kotawaringin Barat, Kalteng

Pj Bupati: Jadikan MTQH tingkat Kobar ajang mempersiapkan calon kafilah terbaik

MTQH tingkat kabupaten Kotawaringin Barat resmi di buka oleh pj bupati kobar, Selasa (20/8/2024) malam. ANTARA/HO-Istimewa.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) yang ke-54 tingkat kabupaten.

MTQH tingkat kabupaten harus menjadi ajang mempersiapkan calon kafilah yang nantinya mewakili daerah di tingkat provinsi, kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Rabu.

"Tentunya juga sebagai momentum syiar islam terhadap nilai-nilai ajaran Al-quran dan hadits," tambahnya.

Sebelum di resmikan Pj Bupati Kobar juga telah melantik Dewan Pengawas, Dewan Hakim dan Panitera dengan di sematkan Pemakaian toga secara simbolis yang menandakan  resmi siap menjalankan seluruh amanah tugas dalam gelar MTQH ke-54 di Kabupaten Kobar. 

"Saya yakin dan percaya bahwa saudara/i yang dilantik akan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab juga secara adil dan sejujur-jujurnya," ucapnya.

Dia menyampaikan, MTQH tahun ini menyongsong tema "Dengan Semangat Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits ke-54, Kita Tingkatkan Kualitas Iman dan Taqwa Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat yang Madani".

Baca juga: Disdikbud Kobar serahkan sertifikat profesional kepada sejumlah guru

"Dalam tema yang diusung ini membawa harapan untuk dapat memperkuat nilai spiritual diri sehingga terbentuknya masyarakat Islam yang maju di tengah-tengah kehidupan," disampaikannya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kobar, Rody Iskandar saat menyampaikan, bahwa nilai-nilai ajaran Al-quran sebagai pedoman dan pandangan hidup perlu ditumbuh kembangkan.

"Khususnya melalui proses pendidikan, baik formal dan informal. Termasuk dengan adanya kegiatan MTQH yang memuat berbagai cabang keilmuan Al-quran dan hadits," ujar dia.

Dia mengungkapkan, kecintaan terhadap Al-quran dan hadits perlu selalu dijaga dan tingkatkan dengan berbagai upaya. Untuk itu, Pemerintah daerah akan terus berkomitmen dalam membangun masyarakat yang religius dan berakhlak melalui peningkatan kualitas iman dan taqwa. 

Baca juga: DPRD Kobar diharapkan optimal jalankan tugas

Baca juga: Pemkab Kobar siapkan kafilah terbaik di MTQH Kalteng

Baca juga: Pj Bupati minta jaga semangat perjuangan bangsa di Kobar