Peringati Harhubnas, insan perhubungan di Kotim komitmen tingkatkan pelayanan

id Peringati Harhubnas, insan perhubungan di Kotim komitmen tingkatkan pelayanan, kalteng, kotim, Sampit, Kotawaringin Timur, wabup kotim, irawati

Peringati Harhubnas, insan perhubungan di Kotim komitmen tingkatkan pelayanan

Wakil Bupati Kotim Irawati bersama kepala instansi perhubungan di Kotim , Selasa (17/9/2024). ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024 menjadi momentum bagi insan perhubungan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah untuk memperkuat komitmen dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. 

“Yang diharapkan dari peringatan Harhubnas tahun ini terjadi peningkatan pelayanan dari sisi perhubungan, baik jalur darat, laut maupun udara,” kata Kepala Bandara Haji Asan Sampit, Darinto di Sampit, Selasa. 

Hal itu ia sampaikan usai upacara peringatan Harhubnas yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kotim. 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh insan perhubungan di Bumi Habaring Hurung, antara lain Bandara Haji Asan Sampit, Dishub, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit, dan lainnya.

Upacara yang dipimpin Wakil Bupati Kotim Irawati ini menjadi puncak sekaligus penutup rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Harhubnas 2024 di Kotim. 

Darinto yang menjadi Ketua Panitia Peringatan Harhubnas Kotim 2024 menyampaikan, sebelumnya mereka telah melaksanakan kegiatan donor darah, kerja bakti, jalan sehat, kicau mania dan bersih-bersih di Taman Kota. 

Lanjutnya, sesuai slogan dari Kementerian Perhubungan, yakni Transportasi Maju Nusantara Baru, maka peringatan Harhubnas tahun ini membawa semangat untuk terus maju dan meningkatkan kualitas pelayanan. 

Baca juga: Disdik Kotim: Empat sekolah ajukan penambahan ruang kelas

Komitmen untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dibuktikan dengan pelayanan yang sudah diberikan selama ini, terutama dari segi keamanan dan kenyamanan kepada para pengguna jasa.

“Intinya kami terus berbenah untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya di Kotim,” pungkasnya. 

Ditambahkan oleh Pelaksana Tugas Kepala Dishub Kotim Rody Kamislam mengatakan tahapan demi tahapan telah dilalui dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan pada sektor perhubungan di Kotim. 

Salah satunya yang baru-baru ini dilaksanakan adalah peresmian penerbangan perdana rute Sampit-Surabaya dari Maskapai NAM Air setelah sebelumnya layanan pada rute tersebut dihentikan sementara oleh Maskapai Wings Air karena alasan pemeliharaan. 

“Alhamdulillah, launching rute Sampit-Surabaya itu juga salah satu komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan tentunya tidak memberatkan masyarakat artinya masih dalam batas kewajaran,” ujarnya.

Rody berharap kedepannya upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan perhubungan dapat terus dilakukan, tentunya dengan menyesuaikan kondisi lapangan dan terus berbenah. 

Sementara itu, Wakil Bupati Kotim Irawati selaku inspektur upacara menyampaikan pesan Menteri Perhubungan pada peringatan Harhubnas 2024 kepada seluruh insan perhubungan se-Indonesia. 

Baca juga: Warga Seranau harapkan perbaikan dermaga

Peringatan Harhubnas dapat dimaknai sebagai momentum untuk melakukan refleksi terhadap bakti dan karya yang telah diberikan di bidang transportasi untuk bangsa dan negara.

“Untuk itu saya mengajak seluruh pemangku kepentingan sektor transportasi menilik kembali hal-hal yang telah kita raih 10 tahun ke belakang, berkomitmen menjaga keberlanjutan dan pencapaian tersebut, sekaligus membuat catatan peningkatan di masa selanjutnya” pesannya. 

Sesuai visi misi Presiden Joko Widodo, yaitu terwujudnya Indonesia Maju, Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong. 

Sektor transportasi juga telah membuktikan komitmennya untuk berkolaborasi mewujudkan konektivitas sehingga seluruh wilayah Indonesia dapat terhubung berdaulat dan meraih kemandirian ekonomi. 

Transportasi modern serta digitalisasi sektor transportasi juga telah diterapkan di seluruh Indonesia. Tidak hanya membanggakan pencapaian tersebut juga meningkatkan layanan transportasi hingga lebih efisien efektif nyaman dan memudahkan masyarakat. 

Seluruh pencapaian tersebut tak lepas dari peran serta seluruh pemangku kepentingan yang tidak hanya berkontribusi tapi juga berkolaborasi dan bersinergi melalui program masing-masing. 

“Maka dari itu saya berpesan kiranya seluruh pencapaian dan komitmen yang telah diwujudkan dalam satu dekade ini dapat diteruskan secara berkelanjutan dengan penuh integritas,” demikian Irawati. 

Baca juga: DPRD Kotim dukung lomba memancing untuk tingkatkan daya tarik wisata

Baca juga: Rudini-Paisal siap perjuangan aspirasi komunitas ojol Kotim

Baca juga: Bupati Kotim setujui proposal pembangunan lanjutan SDN 1 Baamang Tengah