Agustiar Sabran siap bangun Kalteng bersama keluarga besar Muhammadiyah

id Agustiar Sabran siap bangun Kalteng bersama keluarga besar Muhammadiyah, kalteng, Palangka raya, agustiar sabran, pilkada kalteng, pilkada, politik, e

Agustiar Sabran siap bangun Kalteng bersama keluarga besar Muhammadiyah

Agustiar Sabran siap bangun Kalteng bersama keluarga besar Muhammadiyah. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Agustiar Sabran yang maju sebagai bakal calon Gubernur Kalimantan Tengah pada Pilkada Serentak 2024 mengaku siap membangun Kalteng bersama keluarga besar Muhammadiyah di provinsi setempat.

"Muhammadiyah adalah organisasi besar dan solid. Saya melihat bahwa Muhammadiyah memiliki peran strategis untuk membangun bangsa. Tak terkecuali di Kalimantan Tengah," kata Agustiar di Palangka Raya, Kamis.

Pernyataan itu diungkapkan dia terkait pelaksanaan silaturahim Agustiar Sabran ke Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah yang berpusat di Kantor PWM Kalteng di Kota Palangka Raya.

Agustiar mengatakan, selama ini Muhammadiyah bersama seluruh organisasi otonom serta amal usaha Muhammadiyah (AUM) terus memiliki peran langsung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah.

Misal organisasi otonom Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Pemuda Muhammadiyah (PM), Tapak Suci, Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah (NA) dan Hizbul Wathan secara berkesinambungan mendidik kader untuk melakukan pengkaderan dan bimbingan serta pengawasan rangka mencapai maksud dan tujuan Persyarikatan Muhammadiyah.

Baca juga: Agustiar ingin percepatan pembangunan Kalteng dimulai dari desa

Selain itu, pada pergerakannya, Muhammadiyah juga terjun langsung membantu masyarakat dalam berbagai bidang. Misalnya pada sisi Kesehatan ada klinik dan rumah sakit, pada sisi Pendidikan ada TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Bidang lainnya juga ada badan amil zakat dan lainnya.

"Maka kami melihat, hal keterlibatan membangun masyarakat Kalteng, peran Muhammadiyah sangat terkait langsung dan sangat dirasakan, terutama bidang bidang yang bersentuhan dengan masyarakat. Misalnya pada bidang kesehatan, keagamaan, Pendidikan dan lainnya," kata Agustiar.

Di sisi lain, dia juga merasa memiliki hubungan emosional yang erat dengan Muhammadiyah. Selama ini banyak tokoh-tokoh Muhammadiyah menjadi mentornya dalam berbagai aktivitas.

Agustiar Sabran yang pada Pilkada Kalteng 2024 berpasangan dengan Edy Pratowo ini pun ingin selalu bersama Muhammadiyah untuk berkolaborasi dalam membangun Kalteng.

"Di sisi lain, kami juga sangat mendukung agenda Pendirian Fakultas Kedokteran di UMPR. Semoga nantinya semakin banyak putra daerah yang menjadi dokter lulusan UMPR mengisi kekurangan tenaga kesehatan di Kalimantan Tengah," katanya.

Baca juga: Agustiar bertekad majukan Kalteng melalui peningkatan pembangunan di desa

Baca juga: Ketua DAD Kalteng dorong organisasi pemuda perkuat karakter dalam pembangunan daerah

Baca juga: Bapaslon Agustiar-Edy Pratowo serap aspirasi masyarakat Kobar