Yakin Kotim semakin maju, warga Kota Besi kompak dukung Halikinnor-Irawati

id Yakin Kotim semakin maju, warga Kota Besi kompak dukung Halikinnor-Irawati, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Halikinnor, Halikinnor-Irawati

Yakin Kotim semakin maju, warga Kota Besi kompak dukung Halikinnor-Irawati

Calon Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menjawab aspirasi masyarakat saat deklarasi dan pengukuhan Relawan HARATI Kecamatan Kota Besi, Rabu (9/10/2024). ANTARA/Norjani 

Sampit (ANTARA) - Puluhan warga Kecamatan Kota Besi kompak menjadi relawan pasangan petahana calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor dan Irawati karena yakin pasangan ini mampu membawa daerah ini semakin maju.

"Kami solid untuk berjuang memenangkan pasangan Halikinnor-Irawati atau HARATI jilid II ini karena mereka sudah memberikan bukti nyata dalam membangun daerah, termasuk di Kecamatan Kota Besi," kata Koordinator Relawan HARATI Kecamatan Kota Besi, Kordiansyah di Kota Besi, Rabu.

Penegasan ini disampaikan tokoh masyarakat yang akrab disapa Haji Dian ini usai deklarasi dan pengukuhan relawan HARATI Kecamatan Kota Besi. Pengukuhan dipimpin Halikinnor didampingi Ketua Tim Pemenangan HARATI, Angga Aditya Nugraha.

Dian mengatakan, masyarakat Kota Besi bangga atas capaian pemerintahan Halikinnor-Irawati hingga saat ini. Meski belum optimal, pihaknya memaklumi karena banyak tantangan yang dihadapi di periode pertama ini.

Masyarakat Kecamatan Kota Besi merasakan banyak kemajuan pembangunan selama kepemimpinan Halikinnor. Ini juga menjadi sebuah kebanggaan karena Halikinnor dianggap berasal dari kecamatan ini.

Untuk itulah pihaknya tidak ragu kembali mendukung pasangan Halikinnor-Irawati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Mereka berharap Halikinnor-Irawati kembali terpilih sehingga bisa melanjutkan dan meningkatkan pembangunan di periode kedua atau pemerintahan HARATI jilid II. 

"Kami yakin pasangan HARATI akan mampu membawa Kotawaringin Timur semakin maju. Kami siap memenangkan HARATI pada pilkada nanti," ujar Dian.

Sementara itu kehadiran Halikinnor disambut antusias puluhan warga yang hadir. Relawan dari berbagai desa ini berikrar bersama-sama untuk memenangkan pasangan Halikinnor-Irawati. 

Selain menyampaikan dukungan, sesi diskusi juga dimanfaatkan warga untuk menyampaikan aspirasi seperti usulan peningkatan jalan, jembatan, pendirian sekolah, perluasan jangkauan kelistrikan, kegiatan usaha dan lainnya.

Menanggapi itu, Halikinnor yang saat ini cuti dari jabatan bupati, menyatakan siap untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat. Jika dirinya bersama Irawati kembali terpilih menjadi bupati dan wakil bupati, pihaknya akan melanjutkan dan meningkatkan pembangunan, termasuk berupaya seoptimal mungkin mewujudkan aspirasi masyarakat. 

Baca juga: Ratusan warga Baamang sampaikan dukungan untuk Halikinnor-Irawati

Dia menyampaikan permohonan maaf karena periode kepemimpinannya saat ini belum bisa maksimal karena harus membayar Rp497 miliar utang biaya pembangunan, ditambah pandemi COVID-19 yang membuat keuangan daerah menurun.

"Insyaallah kalau diberi amanah memimpin untuk periode kedua akan lebih baik karena keuangan kita alhamdulillah sudah meningkat," ujar Halikinnor. 

Secara khusus untuk Kecamatan Kota Besi, Halikinnor memastikan akan melanjutkan peningkatan jalan antardesa di kecamatan tersebut. Kegiatan ekonomi masyarakat setempat seperti di sektor pertanian rotan, kelapa sawit dan karet juga akan terus didukung.

Lebih jauh Halikinnor mewacanakan pengadaan pemadam kebakaran di setiap kecamatan di luar Sampit. Ini merespons cukup seringnya terjadi kebakaran, seperti yang beberapa kali terjadi di Kecamatan Kota Besi, belum lama ini.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak ragu berobat atau memeriksa kesehatan ke pusat layanan kesehatan. Semua akan dilayani gratis karena pemerintah daerah telah mengucurkan anggaran setiap tahun, bahkan tahun ini mencapai Rp57 miliar untuk membayar iuran kepesertaan Jaminan Kesehatan nasional (JKN) warga di BPJS Kesehatan.

Di bidang ekonomi, pembangunan pabrik pakan ternak, pakan ikan dan pabrik es diinisiasi untuk meningkatkan perekonomian dan membuka lebih banyak lagi lapangan pekerjaan untuk masyarakat. 

"Mohon maaf kalau saat ini kami tidak membangun gedung atau proyek fisik yang besar karena dengan keterbatasan anggaran itu kami lebih memprioritaskan yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat," demikian Halikinnor. 

Sementara itu Ketua Tim Pemenangan HARATI, Angga Aditya Nugraha mengaku merasa terharu dengan sambutan akrab dan kekeluargaan masyarakat Kota Besi. Legislator muda yang merupakan putra Halikinnor ini kemudian mengenang masa kecilnya bersekolah di kecamatan ini, semasa sang ayah menjadi pegawai staf Kecamatan Kota Besi. 

Angga menyampaikan terima kasih atas dukungan masalah dan para relawan. Dia mengingatkan semua untuk meningkatkan kekompakan karena pemungutan suara Pilkada 2024 tinggal 45 hari lagi, yakni pada 27 November 2024. 

"Waktu mepet. Tolong bantu sosialisasikan visi dan misi pasangan HARATI. Banyak capaian yang sudah dibuktikan selama periode ini. Mari kita memperjuangkan HARATI untuk memperjuangkan pembangunan berkelanjutan dan lebih meningkat. Makanya pilih nomor 1 dan pilih kerudung merah karena cuma HARATI yang ada keterwakilan perempuan (Irawati)," demikian Angga.

Baca juga: Pegiat olahraga di Kotim rasakan bukti kinerja Halikinnor

Baca juga: Halikinnor gembira CFD bermanfaat bagi masyarakat luas

Baca juga: Masyarakat Tualan Hulu yakin Halikinnor-Irawati mampu tingkatkan pembangunan pelosok