Kafilah Barito Utara ikut FASI tingkat Kalteng

id festival anak saleh indonesia,barut,barito utara,kalteng,fasi barito utara

Kafilah Barito Utara ikut FASI tingkat Kalteng

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Eveready Noor bersama mewakili unsur FKPD, Staf Ahli Bupati dan pejabat lainnya foto bersama dengan Ketua DPD BKPRMI dan pengurus serta para kafilah FASI Barito Utara XII tingkat Provinsi Kalteng, di halaman kantor Bupati, Muara Teweh, Rabu (9/10/2024). (ANTARA/Dokumen Pribadi)

Muara Teweh (ANTARA) - Kafilah Kabupaten Barito Utara, mengikuti Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada 10-13 Oktober 2024 di Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya.

"FASI yang diselenggarakan setiap tahun tidak hanya sebagai sarana untuk mencari peserta terbaik saja, akan tetapi juga memiliki dimensi yang luas, utamanya meningkatkan gemar membaca, mempelajari, mendalami dan mengamalkan Al Quran, sehingga dapat membentuk pribadi yang berakhlak mulia,” kata Penjabat Bupati Barito Utara melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda setempat Eveready Noor melepas kafilah  di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia, kegiatan FASI ini sangat penting, karena selain sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT juga untuk meningkatkan dan mendorong semangat generasi penerus dalam memahami, menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al Quran dan Hadits, yang pada gilirannya dapat pula meningkatkan prestasi Kabupaten Barito Utara dalam pengembangan tilawah Al Quran dan menghapal Hadits.

Oleh karena itu dia meminta kepada peserta FASI ini, agar dapat mendayagunakan kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang lomba untuk meraih prestasi, tetapi juga sebagai wahana yang bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat Barito Utara dan dapat memberi manfaat positif bagi pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang berakhlak mulia serta memiliki kepribadian yang dapat didayagunakan untuk kemajuan pembangunan bangsa dan negara.

“Seperti yang dilaporkan Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Barito Utara tadi bahwa ada beberapa cabang lomba yang diikuti. Ini tentunya membutuhkan kerja sama dan kerja keras semua pihak sampai pada titik mengikuti kegiatan FASI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2024,” imbuhnya. 

Pj Bupati Muhlis melalui Asisten juga berharap kepada kafilah, ofisial, pembina, terlebih- lebih kepada peserta dirinya berpesan untuk tetap semangat dalam mengikuti kegiatan FASI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Jangan lupa kata Asisten Sekda menjaga kesehatan sebaik-baiknya, jaga kekompakan dan jaga nama baik Kabupaten Barito Utara. Selamat berlomba untuk meraih prestasi yang membanggakan Kabupaten Barito Utara.

“Atas nama masyarakat dan Pemkab Barito Utara saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPD BKPRMI Kabupaten Barito Utara yang telah memfasilitasi serta membina para kafilah untuk siap bertanding dan berlomba mengikuti FASI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah,” kata dia.

Ketua DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Barito Utara Akhmad Algifary mengatakan bahwa dalam kegiatan FASI ke-12 tingkat Kalteng ini diikuti sebanyak 37 peserta kafilah yang mengikuti beberapa cabang lomba yaitu Tilawah, Tartil, Hafalan Zuz Amma, Adzan, Shalat, Cerita Islami, Ceramah Ikrar dan Puitisasi Al Quran, mewarnai, menggambar dan Nasyid.

"Kegiatan ini juga diikuti 14 pelatih (pembina), 26 pendamping (orang tua) dan 28 pengurus BKPRMI," katanya.