KPU Bartim ingatkan ketelitian rekapitulasi data

id KPU Bartim ingatkan ketelitian rekapitulasi data, kalteng, bartim, Barito Timur, pilkada, politik

KPU Bartim ingatkan ketelitian rekapitulasi data

Anggota KPU Kabupaten Barito Timur Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Zainal Hamli memberikan arahan saat Bimtek Sirekap kepada PPS dan PPK se Bartim di Tamiang Layang, Kamis (10/10/2024). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) pada pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah dan Bupati dan Wakil Bupati 2024.

“Bimtek ini dilaksanakan untuk tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Bartim, “ kata Anggota KPU Kabupaten Barito Timur Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Zainal Hamli di Tamiang Layang, Kamis.

Menurut Zainal, bimtek dilaksanakan dengan tujuan agar PPK dan PPS mendapatkan ilmu yang cukup sehingga pelaksanaan Sirekap Mobile dan Sirekap Web dapat digunakan secara maksimal di semua tingkatan.

“Jaid mereka atau peserta mengerti terkait penggunaan Sirekap yang digunakan sebagai alat bantu untuk menunjang proses rekapitulasi penghitungan suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Pilkada 2024,” kata Zainal.

Zainal mengharapkan, laporan rekapitulasi pada Rabu (27/11/2024) bisa terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan dan bisa diselesaikan tepat waktu.

Baca juga: Pemkab Bartim gelar forum kemitraan untuk tingkatkan pelayanan kesehatan BPJS

“Kita harapkan pada pukul 15.00 WIB, hasil rekapitulasi bisa selesai dan masuk data base semuanya sehingga rekapitulasi selesai tepat waktu,” kata Zainal.

Menurutnya, jika penghitungan suara atau hasil rekapitulasi suara mengalami keterlambatan maka akan menjadi pertanyaan dan dugaan yang tidak benar, serta berdampak pada proses Pemilu Serentak 2024.

“Hal ini yang kita hindari, jangan sampai terlambat hingga satu atau dua hari,” kata Zainal.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) pada pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah dan Bupati dan Wakil Bupati 2024 digelar di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Mantawara dengan diikuti PPK dan PPS se-Kabupaten Barito Timur.

Acara tersebut dihadiri Anggota KPU Kabupaten Barito Timur Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Zainal Hamli, Divisi Hukum dan Pengawasan Novan Budiono, dan Divisi Teknis Penyelenggaraan Zarmiyeni.

Baca juga: Pj Bupati Bartim minta OPD pacu realisasi belanja dan pendapatan berimbang

Baca juga: Pj Bupati Bartim minta ASN jaga netralitas, termasuk di medsos

Baca juga: Pemkab Bartim raih predikat B SAKIP Award 2024