Gen-Z berharap Rudini-Paisal jadi pemimpin yang mendukung hobi anak muda

id Gen-Z berharap Rudini-Paisal jadi pemimpin yang mendukung hobi anak muda, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pilkada kotim, pilkada,politik

Gen-Z berharap Rudini-Paisal jadi pemimpin yang mendukung hobi anak muda

Anak muda di Kota Sampit saat asyik bermain game online, Jumat (11/10/2024). ANTARA/Devita Maulina. 

Sampit (ANTARA) - Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Muhammad Rudini Darwan Ali dan Pasal Damarsing diharapkan bisa menjadi pemimpin yang mendukung hobi anak muda jika terpilih sebagai kepala daerah nantinya.

“Kami para Gen-Z ini kan banyak memiliki hobi baru. Seperti menjadi gamers, cosplayer serta yang sedang berkembang di Sampit juga ada dancer K-Pop. Saya berharap ini bisa jadi perhatian calon pemimpin kedepannya, khususnya Rudini-Paisal,” kata Pemuda Kotim, Jana di Sampit, Jumat. 

Generasi Z (Gen-Z) adalah sebutan untuk orang-orang yang lahir pada akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an. Gen-Z merupakan generasi termuda kedua saat ini, setelah Generasi Milenial. 

Sehubungan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kotim 2024, Jana sebagai salah satu Gen-Z Kotim pun turut menyampaikan aspirasinya terkait calon pemimpin ideal masa depan. 

Hal ini juga sempat ia sampaikan saat menghadiri kopi darat (kopdar) bersama calon Wakil Bupati Kotim dari nomor urut tiga, yakni Pasal Damarsing belum lama ini. 

Jana menyebutkan, sesuai tren yang berkembang saat ini banyak generasi muda Kotim yang memiliki hobi baru, seperti menjadi pemain game profesional, cosplayer, dancer dan lainnya. 

Tak sedikit pula yang membentuk komunitas sesuai hobi tersebut. Namun, menurutnya selama ini belum ada perhatian khusus dari pemerintah daerah yang bisa membantu mereka untuk mengembangkan skill atau keterampilannya. 

Baca juga: Rudini-Paisal siap pastikan penyaluran beasiswa tepat sasaran

Sementara, hal itu dirasa perlu. Terlebih saat ini hobi seperti itu juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi yang menekuninya. 

“Kami berharap bisa dibikinkan kompetisi-kompetisi besar, supaya kami lebih bersemangat. Karena di Kotim saya lihat hal-hal seperti itu redup. Kami juga ingin bisa berkembang lebih baik seperti di kota-kota lain,” demikian Jana. 

Menanggapi aspirasi tersebut, Juru Bicara Tim Pemenangan Rudini-Paisal, Dadang Siswanto mengatakan sebagai paslon paling muda di Pilkada Kotim 2024 tentunya Rudini-Paisal paham betul hal-hal yang diinginkan anak muda. 

Dalam beberapa kesempatan pihaknya telah menyatakan komitmen untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan generasi muda di Kotim, baik dari segi kualitas maupun kapasitas sumber daya manusianya. 

“Itulah kelebihan daripada pemimpin muda, yaitu tentu lebih memahami keinginan para  kawula muda. Poinnya adalah aspirasi dan hasrat kawan-kawan muda itu akan lebih mudah terserap dan dilaksanakan oleh pemimpin muda,” ujarnya. 

Namun ia menambahkan, dalam konteks pemenuhan aspirasi perlu diingat bahwa ada rambu-rambu yang harus dipatuhi oleh seorang pemimpin. 

Sepanjang kewenangan dan ketentuan memperbolehkan serta kondisi anggaran memungkinkan, maka aspirasi tersebut akan pihaknya penuhi. 

“Kalau situasi dan kondisinya memungkinkan, jadi kenapa tidak. Kami dari paslon nomor urut tiga siap mendukung hal-hal yang mendorong pertumbuhan generasi muda Kotim,” demikian Dadang. 

Baca juga: Rudini-Paisal siapkan solusi hadapi rencana penghapusan tenaga non ASN 2025

Baca juga: Rudini-Paisal janjikan pinjaman tanpa agunan untuk Gen-Z

Baca juga: Kopdar bareng Gen-Z, Rudini-Paisal siap penuhi tantangan kawula muda