Pemprov Kalteng kerahkan tim kesehatan hingga dapur umum bantu korban banjir

id pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, banjir murung raya, banjir barito utara, banjir pulang pisau,banjir

Pemprov Kalteng kerahkan tim kesehatan hingga dapur umum bantu korban banjir

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berbincang bersama jajaran di Palangka Raya, Senin (21/10/2024) sebelum memberangkatkan tim dan bantuan ke daerah terjadinya banjir di Murung Raya. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengerahkan dapur umum hingga tim kesehatan, sebagai upaya membantu masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Murung Raya.
 
"Hari ini tim gabungan kembali kami berangkatkan untuk membantu penanganan banjir di Murung Raya. Saya juga meminta kepada tim, agar dipastikan personel yang diturunkan bisa berenang," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Palangka Raya, Senin.
 
Pemprov Kalteng mengirimkan tim gabungan yang jumlahnya mencapai hingga puluhan personel dari berbagai instansi, seperti Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK), Dinas Kesehatan, hingga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
 
Tim gabungan ini juga membawa ribuan paket sembako yang dialokasikan untuk keperluan dapur umum maupun diberikan langsung kepada warga terdampak banjir.
 
"Penanganan yang tim ini lakukan baik saat banjir terjadi maupun saat pasca-banjir, termasuk penanganan oleh tim kesehatan, baik pemeriksaan kesehatan hingga pemberian obat-obatan sesuai kebutuhan," tuturnya.

Baca juga: Gerak cepat, Gubernur Kalteng kirim tim pendahuluan bantu penanganan banjir
 
Lebih lanjut Sugianto mengatakan selain Murung Raya, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan masing-masing pemerintah kabupaten lainnya untuk penanganan ataupun antisipasi banjir.
 
Kepala BPBPK Kalteng Ahmad Toyib menyampaikan berdasarkan perkembangan laporan kondisi di lapangan per 20 Oktober 2024 pukul 19.00 WIB, total sebanyak tiga kabupaten terdampak banjir. Selain Murung Raya, daerah yang saat ini juga dilanda banjir di Kalteng adalah Barito Utara dan Pulang Pisau.
 
Banjir meliputi 13 kecamatan yang terdiri dari 50 kelurahan/desa. Kemudian ada sebanyak 5.279 Kepala Keluarga (KK) atau 16.623 jiwa terdampak, 57  fasilitas umum terdampak, serta bangunan rumah terdampak sebanyak 4.625 unit dengan tinggi air bervariasi.
 
"Saat ini tersedia empat posko kesehatan dan empat dapur umum," jelasnya.
 
Untuk wilayah Murung Raya, banjir terjadi di enam kecamatan yang meliputi 41 kelurahan dan desa, Pulang Pisau banjir terjadi di Desa Hanua, Kecamatan Banama Tingang, serta Barito Utara banjir terjadi di enam kecamatan atau meliputi delapan kelurahan dan desa.
 
Baca juga: BPKP bantu kawal pemda se-Kalteng selenggarakan keuangan daerah

Baca juga: Pembangunan pabrik pakan Kalteng, beri efek ganda hingga dukung ekonomi berkelanjutan

Baca juga: 'Kalteng Menyala' pastikan semua desa menikmati listrik