Pemkab Murung Raya salurkan bantuan kepada warga terdampak banjir

id pemkab murung raya, banjir murung raya, penjabat bupati hermon, bantuan banjir mura, puruk cahu

Pemkab Murung Raya salurkan bantuan kepada warga terdampak banjir

Penjabat Bupati Murung Raya Hermon bersama unsur terkait saat mendistribusikan bantuan kepada warga terdampak banjir, Senin (21/10/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo SP Murung Raya.)

Puruk Cahu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah menyalurkan ratusan paket makanan siap saji, serta bantuan sembako kepada masyarakat yang rumahnya terdampak banjir ke beberapa desa, seperti ke Desa Dirung dan Malasan Kecamatan Murung, Senin (21/10).
 
“Kita langsung turun mengunjungi dua desa yang terdampak banjir, bersama Kapolres, Danramil Murung, Camat Murung, Asisten I Setda, serta kepala dinas terkait meninjau lokasi banjir dan menyalurkan bantuan makanan siap saji, sembako yang telah kita siapkan,” kata Penjabat Bupati Murung Raya Hermon.
 
Selain itu dia juga sudah menginstruksikan agar camat-camat dan jajaran melakukan hal yang sama, yakni membantu warga yang terkena dampak banjir besar yang saat ini terjadi di Murung Raya.
 
Ia pun menyebut banjir ini memang sering dihadapi warga yang bermukim di sepanjang Sungai Barito dan mengimbau masyarakat waspada saat banjir melanda.
 
Hermon juga mengingatkan pada warga apabila merasakan badan kurang sehat atau terdapat keluhan seperti gatal-gatal, demam atau batuk, segera melapor kepada petugas kesehatan terdekat agar mendapat penanganan.

Baca juga: Personel Satbrimob Polda Kalteng evakuasi korban banjir di Murung Raya
 
“Kami merasa sangat prihatin atas kondisi yang dialami warga. Bantuan ini adalah wujud kepedulian kami terhadap masyarakat yang sedang menghadapi musibah. Kami berharap sembako ini bisa meringankan beban mereka,”imbuhnya.
 
Sementara itu berdasarkan informasi resmi dari BPBD Kabupaten Murung Raya per pukul 04.40 WIB atau Selasa (22/10) pagi, ketinggian air sungai berada di 9,90 meter atau mengalami penurunan sedikit dibandingkan hari kemarin yang berada pada angka 10,00 meter dan saat ini masih berada pada status siaga satu banjir.
 
“Saat ini sendiri di beberapa titik jalan di Kota Puruk Cahu tidak bisa dilewati. Dalam penanganan banjir ini Pemkab Murung Raya dibantu oleh personil dari Kompi 2 Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Kalteng dan Basarnas Palangka Raya,” kata Kalaksa BPBD Murung Raya Fitrianul Fahriman dalam pernyataan resminya.

Baca juga: Banjir makin meluas di Murung Raya, akses jalan di Kota Puruk Cahu lumpuh

Baca juga: Petakan daerah rawan banjir, antisipasi jelang Pilkada 2024

Baca juga: Pemprov Kalteng kerahkan tim kesehatan hingga dapur umum bantu korban banjir