Satpol PP di Palangka Raya ikuti rapid tes massal

id yhon benhur pangaribuan,rapid tes massal,Satpol PP di Palangka Raya ikuti rapid tes massal

Satpol PP di Palangka Raya ikuti rapid tes massal

Anggota Satpol PP mengikuti rapid tes massal di Kota Palangka Raya, Senin (15/6/2020). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Seluruh personel di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti rapid tes massal mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Hari ini 146 anggota Satpol PP Kota Palangka Raya mengikuti rapid tes massal yang dilaksanakan Pemerintah Kota," kata Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Yohn Benhur Pangaribuan di Palangka Raya, Senin.

Dia mengungkapkan dalam rapid tes tersebut satu anggotanya diketahui reaktif. Untuk itu, khusus satu anggota itu selanjutnya akan dilakukan rapid tes ke dua.

"Jika pada rapid tes kedua nanti reaktif yang bersangkutan akan menjalani swab. Jika hasil swab negatif maka dia akan kembali bertugas dan jika dia positif maka akan dikarantina dan kami semua akan menjadi orang dalam pemantauan (ODP)," katanya.

Baca juga: Dua tersangka pembakar lahan terancam 12 tahun penjara, salah satunya ASN

Pernyataan itu diungkapkan dia, disela pelaksanaan rapid tes massal yang dilaksanakan di lingkungan Kantor Satpol PP Kota Palangka Raya, di Jalan Ir Soekarno kota setempat.

Benhur mengatakan, rapif tes ini sangat penting dilakukan mengingat saat ini anggota Satpol PP telah menjadi bagian dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya.

Sebagian dari mereka ada yang bertugas di posko dan sebagian lagi ada yang bertugas penegakan dan sosialisasi sehingga mereka juga rentan terpapar COVID-19. Maka itu sangat penting melaksanakan rapid tes untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka.

Baca juga: Seorang penjambret keok setelah tertembus peluru

"Apalagi saat ini pasien positif COVID-19 di Kota Palangka Raya terus bertambah. Bahkan kabar terakhir sudah ada sembilan anggota Tim Gugus Tugas yang juga terpapar," katanya.

Dia pun meminta personelnya selalu meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan protokol kesehatan dalam bertugas. Selain itu juga selalu menjaga kondisi kesehatan agar mampu menjalankan tugas secara maksimal.

Di sisi lain dia mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus pada penegakan peraturan wali kota tentang penanganan COVID-19. Sehingga, sejumlah program kerja yang sebelumnya telah di susun kembali di petakan berdasar skala prioritas.

Baca juga: Pedagang apresiasi Wali Kota Palangka Raya laksanakan gotong royong di Pasar Besar

Baca juga: DPRD prihatin terus bertambahnya pasien COVID-19 kluster Pasar Besar

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kalteng terus bertambah, Palangka Raya menjadi sorotan