Punya konsep jelas, HARATI yakin bisa membawa Kotim semakin maju

id Punya konsep jelas, HARATI yakin bisa membawa Kotim semakin maju, Halikinnor, Halikinnor-irawati, pilkada Kotim, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Punya konsep jelas, HARATI yakin bisa membawa Kotim semakin maju

Halikinnor berbincang akrab dengan warga Desa Tumbang Sepayang Kecamatan Antang Kalang didampingi Ketua DPC Partai Demokrat Kotawaringin Timur, Parimus pada Sabtu (14/11/2020) lalu. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor dan Irawati atau akrab disapa HARATI yakin konsep pembangunan yang dituangkan dalam visi dan misi mereka, bisa membawa kemajuan dan peningkatan kesejahteraan secara merata.

"Dengan pengalaman mengelola keuangan daerah selama menjabat sebagai Sekretaris Daerah, saya yakin Insya Allah kita akan bisa lebih maju. Kita gali lagi pendapatan asli daerah serta kita upayakan peningkatan pendapatan dari pemerintah pusat dan provinsi," kata Halikinnor di Sampit, Kamis.

Pria yang sebelumnya juga menjabat Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kotawaringin Timur ini menyebutkan, program pembangunan harus dibuat secara realistis sesuai dengan kondisi kemampuan keuangan daerah.

Dia tidak mau berjanji muluk-muluk karena dia sangat tahu kondisi keuangan daerah. Dia tidak ingin menjanjikan program-program yang ternyata tidak mampu direalisasikan sehingga itu justru akan mengecewakan masyarakat.

"Kami akan prioritaskan program yang benar-benar menyentuh kebutuhan masyarakat. Tidak ada proyek-proyek besar yang menyedot anggaran. Paling hanya penuntasan jalan melintasi Kecamatan Seranau dan Pulau Hanaut karena itu memang sangat dibutuhkan," kata Halikinnor.

Dia mengaku sudah memetakan rencana pembangunan untuk wilayah selatan, tengah dan utara. Perencanaan itu diperkuat dengan aspirasi yang disampaikan masyarakat di masing-masing wilayah saat dirinya turun ke lapangan berdialog dengan masyarakat.

Program pembangunan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat berdasarkan kondisi dan potensi di lapangan. Pemilahan program ini bertujuan agar lebih efektif dan tepat sasaran sehingga hasilnya lebih maksimal dalam menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Seperti di wilayah selatan, pembangunan lebih diarahkan kepada infrastruktur pertanian, perikanan dan pariwisata. Peningkatan jalan usaha tani, pembenahan irigasi, bantuan alat produksi pertanian, alat tangkap ikan serta pembenahan pariwisata, menjadi prioritas di kawasan pesisir tersebut.

Untuk wilayah tengah, selain infrastruktur jalan desa dan usaha tani, program ekonomi kerakyatan seperti sektor usaha mikro, kecil dan menengah, pelatihan keterampilan kerja dan sektor jasa akan menjadi prioritas sesuai kebutuhan masyarakat.

Sementara itu untuk wilayah utara atau hulu, peningkatan infrastruktur jalan menjadi prioritas utama. Dengan dibukanya jalan antarkecamatan dan desa, Halikinnor yakin ekonomi dan kesejahteraan masyarakat juga semakin meningkat.

Baca juga: Pelaku UMKM yakin HARATI mampu tingkatkan ekonomi kerakyatan

Keterisolasian dan terbatasnya infrastruktur, diakui menjadi kendala dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Halikinnor sudah berkeliling ke puluhan desa di enam kecamatan tersebut sehingga dia tahu betul kondisinya. 

Dia berkomitmen untuk mempercepat peningkatan infrastruktur agar pembangunan di wilayah utara semakin cepat. Peningkatan jaringan listrik PLN serta jaringan telekomunikasi juga sudah disiapkan solusinya.

"Dari berkeliling ke puluhan desa, saya sudah mendapat banyak masukan dari masyarakat sehingga sudah punya gambaran jelas apa kebutuhan di setiap wilayah. Saya juga sudah punya gambaran bagaimana untuk mewujudkan harapan itu semua. Insya Allah kita bisa," tegas Halikinnor.

Halikinnor kembali mengutarakan niatnya maju sebagai calon bupati adalah agar bisa berbuat lebih besar lagi untuk membantu masyarakat dan membangun daerah. Selama menjabat Sekretaris Daerah, dia sudah berusaha maksimal membantu memperjuangkan aspirasi masyarakat. Jika terpilih menjadi bupati, maka dia yakin bisa berbuat lebih banyak lagi dengan kewenangan yang dimiliki nantinya.

Halikinnor menilai Kotawaringin Timur memiliki potensi sangat besar untuk lebih maju lagi. Dengan pengalaman yang dimilikinya, Halikinnor yakin bisa membawa daerah ini semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera.

Baca juga: HARATI optimistis Kotim mampu wujudkan 'petani berdasi'

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar