Pemkab Kotim gelontorkan dana untuk optimalkan PPKM

id Pemkab Kotim gelontorkan dana untuk optimalkan PPKM, Kalteng, Bupati Kotim, Halikinnor, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Pemkab Kotim gelontorkan dana untuk optimalkan PPKM

Bupati Halikinnor berfoto dengan lurah-lurah di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang yang juga menerima bantuan untuk operasional PPKM berskala mikro, Senin (12/7/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menggelontorkan dana membantu pemerintah kelurahan untuk mengoptimalkan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

"Saya memahami bahwa PPKM di kelurahan belum maksimal karena kesulitan dana yang sangat minim. Makanya kini dibantu anggaran untuk mengoptimalkan PPKM ini," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Senin.

Pemerintah kabupaten menggelontorkan dana untuk sembilan kelurahan yang tersebar di Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang. Sembilan kelurahan ini dibantu karena kelurahan yang berlokasi di dalam kota Sampit ini memang menjadi tempat terbanyak penderita COVID-19.

Setiap kelurahan dibantu dana masing-masing Rp11.250.000. Dana itu untuk operasional pelaksanaan PPKM berskala kecil di kelurahan masing-masing.

Dana tersebut diambil dari dana tidak terduga yang diarahkan untuk penanganan COVID-19. Dana digunakan untuk uang konsumsi dan operasional sebesar Rp75.000 per orang.

"Saat ini kita berikan dengan nominal itu dulu. Kalau masih diperlukan, nanti kita tambah," kata Halikinnor usai rapat penyerahan bantuan tersebut.

Bantuan dana operasional tersebut diharapkan dapat membuat kegiatan di posko PPKM bisa lebih optimal. PPKM sangat diharapkan mengoptimalkan upaya memutus mata rantai penularan COVID-19.

Secara khusus Halikinnor memerintahkan PPKM di setiap kelurahan diarahkan untuk mengawasi penderita COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri. Pemantauan harus dilakukan secara rutin untuk memastikan agar penderita COVID-19 tersebut tidak keluyuran dan tidak membahayakan orang lain.

Baca juga: Hoaks vaksin COVID-19 turut pengaruhi masyarakat di pelosok Kotim

Halikinnor juga memerintahkan petugas mendata jumlah pasien isolasi mandiri di wilayah masing-masing untuk diberikan bantuan sembako sehingga mereka tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari meski tidak bekerja.

"Tadi juga ada usulan kelurahan membuat dapur umum. Silakan saja jika memang itu bisa dilakukan. Yang penting dikelola dengan baik. Pastikan pasien isolasi mandiri itu tetap berada di rumah hingga mereka sembuh," demikian Halikinnor.

Pelaksana Tugas Camat Mentawa Baru Ketapang Huzaifah menyampaikan terima kasihnya atas bantuan tersebut. Ini diharapkan bisa membantu pelaksanaan PPKM agar berjalan lebih baik lagi.

"Selama ini diakui masalah dana ini cukup menjadi kendala. Selama ini banyak aspirasi yang disampaikan kelurahan terkait dana operasional ini. Alhamdulillah ada bantuan ini. Mudahan pelaksanaannya bisa lebih maksimal," demikian Huzaifah.

Sementara itu, data terbaru Senin siang terdapat 37 kasus baru COVID-19, 27 orang sembuh dan satu orang meninggal dunia. Secara keseluruhan, jumlah kasus COVID-19 sebanyak 3.635 kasus terdiri dari 3.044 kasus sembuh, 489 masih ditangani dan 102 orang meninggal dunia.

Baca juga: Pengadilan Negeri Sampit lakukan 'lockdown' karena banyak pegawai terjangkit COVID-19