Indonesia beri kesempatan warga negara China jadi PNS hoaks

id warga China jadi PNS hoaks,jadi PNS,Indonesia beri kesempatan warga China jadi PNS hoaks,PNS hoaks, China jadi PNS hoaks

Indonesia beri kesempatan warga negara China jadi PNS hoaks

Arsip - Puluhan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China meninggalkan pesawat seusai mendarat di Bandar Udara Cut Nyak Dhien Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Jumat (11/9/2020). Berdasarkan data dari Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Nagan Raya, sebanyak 41 orang TKA asal China yang telah melengkapi izin resmi dari Pemerintah tiba di Kabupaten setempat untuk bekerja di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 3 dan 4. (Antara Aceh/Syifa Yulinnas/pras)

Jakarta (ANTARA) - Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang di sejumlah kementerian dan lembaga pada November-Desember 2021 memunculkan kabar lain di media sosial dan grup-grup berbagi pesan WhatsApp.

Salah satu pengguna Facebook, pada November, mengunggah tangkapan layar pesan grup WhatsApp berisi berita tentang jutaan warga negara China mengikuti tes PNS.

Tautan berita yang dibagikan itu berjudul 1,4 juta warga China ikut tes PNS 2021.

Pesan berisi berita itu juga dibubuhkan narasi sebagai berikut:
"Astagfirullah warga china dikasih kesempatan utk jadi PNS, padahal rakyat Indonesia sendiri masih banyak ngaggur !
Yaa Allah cabutlah dan runtuhkanlah segera rezim ini"

Namun, apakah benar Pemerintah Indonesia memberikan kesempatan kepada warga negara China untuk menjadi pegawai negeri sipil di Tanah Air?
 
Pesan berantai hoaks yang menyebut Indonesia memberikan kesempatan kepada warga China untuk menjadi pegawai negeri sipil. (WhatsApp)
Pesan berntai hoaks yang menyebut Indonesia memberikan kesempatan kepada warga China untuk menjadi pegawai negeri sipil. (WhatsApp)



Penjelasan:
Penelusuran ANTARA, berita yang ditautkan dalam pesan di grup WhatsApp itu merupakan berita dari JPNN berjudul "1,4 Juta Warga China Ikut Tes PNS 2021, Persaingan Superketat".

Berita JPNN itu bersumber dari berita ANTARA dengan judul "1,4 juta warga China berebut 31.200 posisi lowongan PNS" yang dipublikasikan pada Senin 29 November 2021.

Berita laporan Kepala Biro Beijing Kantor Berita ANTARA M. Irfan Ilmie itu berisi tentang jutaan warga China yang harus bersaing ketat memperebutkan 31.200 posisi sebagai pegawai negeri pada 2021 di Negeri Panda itu.

Para pelamar yang mengikuti tes di beberapa tempat, seperti Beijing, Shanghai, dan Jiangsu.

Dengan demikian klaim bahwa Indonesia memberi kesempatan kepada warga negara China untuk menjadi pegawai negeri sipil merupakan hoaks karena isi berita berbeda dengan narasi yang disematkan.

Klaim: Indonesia beri kesempatan warga China jadi PNS
Rating: Hoaks

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2021