DPRD Barut akan cek Jalan Kandui-Montallat yang rusak

id jalan kandui - montallat,jalan rusak,dprd barut,dinas pupr,barito utara,kalteng

DPRD Barut akan cek  Jalan Kandui-Montallat yang rusak

Sejumlah warga melintas di kawasan jalan yang rusak menghubungkan Kandui - Montallat.ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Barito Utara, Kalimantan Tengah, akan mengecek kerusakan Jalan Kandui - Montallat atau jalan menghubungkan Kecamatan Gunung Timang dan Kecamatan Montallat yang mulai dikeluhkan masyarakat.

Ketua Komisi III DPRD Barito Utara Tajeri di Muara Teweh, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya akan turun langsung untuk mengecek ke lapangan terkait informasi kerusakan di Jalan Kandui- Montallat tersebut. 

Menurut dia, pihaknya memang banyak mendapat laporan dari warga mengenai kerusakan jalan, bukan saja di Jalan Kandui menuju Montallat, tetapi juga di beberapa ruas jalan lainnya.

Hal ini, kata dia, disebabkan kendaraan yang melalui jalan tersebut melebihi tonase, dan ini sangat berdampak pada kerusakan jalan. 

"Kita berharap selain melakukan perbaikan juga melakukan pengawasan lebih ketat, agar bisa mengurangi kerusakan," kata Tajeri.

Adapun untuk perbaikan, Tajeri menjelaskan, apakah nantinya menggunakan dana UPR atau darurat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara, karena masalah kerusakaan ini menjadi keluhan masyarakat pengguna jalan. Akses jalan merupakan salah satu penunjang bagi perekonomian masyarakat di daerah setempat. 

"Hal ini sangat perlu dilakukan bersama dinas terkait guna melakukan penanganan secepatnya,  agar tidak terjadi kerusakan lebih parah lagi. Apalagi jalan tersebut menuju kecamatan yang notabene beberapa desa yang dilalui," kata politisi Gerindra ini.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Barito Utara M Iman Topik mengatakan bahwa pihaknya selalu siap menerima laporan dan informasi yang disampaikan oleh warga masyarakat maupun pihak pemerintah desa terkait adanya beberapa kerusakan sarana dan prasarana infrastruktur di wilayah masing-masing, yang selanjutnya informasi yang disampaikan tersebut menjadi bahan tindak lanjut bersama tim teknis.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh wakil-wakil rakyat dalam merespon cepat dan tanggap serta solusi penangganan atas adanya beberapa kerusakan infra struktur yang mengedepankan sinergitas, komunikasi, koordinasi dan integrasi,” kata dia.

Selain itu Topik juga menyampaikan ucapan terima kasih juga kepada para perusahaan di wilayah Barito Utara yang telah peduli ikut serta membantu Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur di wilayah desa, kelurahan maupun kecamatan melalui kebijakan CSR maupun bantuan-bantuan lainnya sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

"Diharapkan bantuan yang telah diberikan dapat menjadi stimulan ataupun meringankan beban anggaran Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam melaksanakan berbagai pembangunan infrastruktur di wilayah ini," kata Topik.