Meriahkan HUT RI, Disdik Kapuas gelar pameran merdeka belajar

id Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kabupaten Kapuas, Disdik Kapuas, Kapuas, Kalteng, HUT RI ke-77, HUT RI di Kapuas

Meriahkan HUT RI, Disdik Kapuas gelar pameran merdeka belajar

Pameran merdeka belajar yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kuala Kapuas, Senin (15/8/2022). ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Meriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022, Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar pameran merdeka belajar di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kuala Kapuas, Senin (15/8).

"Pameran merdeka belajar ini juga bertujuan mendorong satuan pendidikan dari 17 kecamatan untuk menampilkan hasil-hasil belajarnya," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, di Kuala Kapuas.

Hal itu disampaikan dirinya usai acara pembukaan pameran merdeka belajar yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kuala Kapuas.

Pameran merdeka belajar yang ditampilkan oleh masing-masing Koordinator Wilayah (Korwil) pendidikan kecamatan ini adalah, menampilkan beberapa produk-produk yang dibuat oleh siswa maupun gurunya, baik itu barang-barang kerajinan, kuliner dan lain sebagainya.

"Banyak sekali yang ditampilkan, hingga ada peserta dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, dimana warga belajarnya ada yang budidaya madu kelulut, anyaman purun, kemudian masih banyak lagi aneka kuliner lainnya," katanya.

Baca juga: Dinas P3APPKB Kapuas bantu alat Laparoskopi ke RSUD

Kemudian, lanjut mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas ini, dalam kegiatan ini sekaligus pencanangan revitalisasi bahasa Dayak Ngaju, dan dilaksanakan juga berbagai lomba seperti mengarungut, masarita dan memantau.

"Ini sebagai upaya agar tetap kita lakukan mempertahankan bahasa Dayak Ngaju di Kabupaten Kapuas," jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, disambut baik sejumlah peserta yang mengikuti pameran merdeka belajar, salah satu peserta dari Korwil Kecamatan Kapuas Hilir.

"Menurut kami pameran ini sesuatu yang sangat luar biasa bagi kami, karena begitu kompak dan kebersamaan para guru dalam pameran ini saling bahu membahu serta bisa menampilkan hasil karya masing-masing melalui pameran merdeka belajar ini," demikian Korwil Kecamatan Kapuas Hilir, Bubu.

Baca juga: Sambut HUT RI, puluhan pelajar di Kapuas ikut lomba bulu tangkis

Baca juga: Lasqi bekali pelajar SMA di Kapuas kemampuan seni menabuh rebana

Baca juga: DPRD Kapuas bagikan bendera merah putih kepada masyarakat