Pemuda Pelopor Katingan diharapkan jadi inspirasi generasi muda

id Pemuda Pelopor Katingan diharapkan jadi inspirasi generasi muda, kalteng, katingan, sakariyas

Pemuda Pelopor Katingan diharapkan jadi inspirasi generasi muda

Raya Sadianor (tiga dari kiri) menerima piagam penghargaan Pemuda Pelopor Katingan 2022 dalam bidang Sumber Daya Alam Lingkungan dan Pariwisata di Kasongan, Salasa (4/10/2022) lalu. ANTARA/HO-Disbudporapar Katingan.

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah menobatkan Raya Sadianor sebagai Pemuda Pelopor 2022 dalam bidang Sumber Daya Alam Lingkungan dan Pariwisata.

"Sebagai Pemuda Pelopor 2022 diharapkan saudara Raya Sadianor menjadi motor penggerak dan inspirasi bagi kaum muda di Katingan," kata Bupati Katingan Sakariyas di Kasongan, Kamis.

Menurutnya, pemberian penghargaan Pemuda Pelopor dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi kepada pemuda dan pemudi Katingan yang tetap bertahan dan terus berkarya meski pandemi COVID-19.

Dia berharap ke depannya akan lahir pemuda-pemuda pelopor lainnya yang mampu melanjutkan estafet kepemimpinan sebagai agen perubahan (agent of chance).

"Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 ini mesti dijadikan momentum oleh para anak muda Katingan untuk membuktikan diri bahwa mereka mampu berkarya dalam kondisi apapun," ucap orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Katingan Risnaduar menjelaskan penetapan Raya Sadianor sebagai Pemuda Pelopor Katingan 2022 karena dinilai memiliki kepedulian yang tinggi pada pembinaan objek wisata Punggu Alas di desanya Desa Karuing Kecamatan Kamipang.

Baca juga: Pelajar dan pemuda Katingan unjuk kreativitas melalui FKBAT

Selain itu Raya Sadianor selama ini telah melakukan pemberdayaan terhadap kaum perempuan warga di desanya dalam mengolah produk kopi tumbuk lokal. Usaha ini menjadi nilai tambah pemasukan keuangan keluarga.

"Dari rangkaian proses pemilihan Pemuda Pelopor Katingan 2022 mulai dari pendataan, verifikasi dan pencarian fakta-fakta ternyata karya anak muda ini sungguh menginspirasi dan patut dijadikan contoh oleh pemuda-pemudi Katingan," tuturnya.

Sementara itu Raya Sadianor mengaku bangga bisa terpilih menjadi Pemuda Pelopor Katingan 2022 karena mendapat pengakuan langsung dari pemerintah atas kegiatan yang selama ini dilakukannya.

Bagi dirinya penghargaan tersebut menjadi semangat tersendiri untuk terus berinovasi dan berdedikasi mengembangkan bidang yang ditekuninya.

Dia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang selama ini membantu, membimbing dan mengarahkan dirinya menjadi lebih baik lagi khususnya kepada Bupati dan jajaran Disbudporapar Katingan.

"Semoga saya selalu dapat menginspirasi para pemuda-pemudi di Katingan dan dapat berkontribusi dalam pembangunan generasi muda ke depannya," demikian Raya Sadianor.

Baca juga: Masyarakat adat di Kalimantan Tengah kembali raih sertifikasi ekolabel FSC

Baca juga: Katingan raih BKN Award 2022

Baca juga: Bupati dan Kapolres Katingan berharap TNI semakin jaya