APBD 2023 Katingan fokus peningkatan pelayanan publik

id APBD 2023 Katingan fokus peningkatan pelayanan publik, kalteng, Katingan, APBD katingan

APBD 2023 Katingan fokus peningkatan pelayanan publik

Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, Kalimantan Tengah menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 dengan tetap fokus pada pencapaian target pelayan publik yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

"APBD 2023 disusun dengan menganggarkan program, kegiatan dan sub kegiatan, berdasarkan skala prioritas dan kebutuhan daerah yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan urusan pemerintahan yang terkait dengan pelayanan dasar publik," kata Bupati Katingan Sakariyas melalui Wakil Bupati Sunardi NT Litang di Kasongan, Rabu.

Dia mengatakan Pemkab Katingan juga telah menyusun dan menetapkan sebanyak sebelas prioritas program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2023.

Sebelas prioritas program dan kegiatan ditetapkan selaras dengan tema pembangunan Kabupaten Katingan 2023 yakni Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Menuju Terwujudnya Kemandirian dan Pembangunan yang Berkelanjutan.

Tema itu juga sesuai dengan tema nasional dalam mencapai target Tahun 2023 yang digaungkan oleh Presiden Joko Widodo yakni Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.

Baca juga: Sebanyak 25 desa di Katingan terdampak banjir

"Prioritas yang pertama yakni meningkatkan reformasi birokrasi," jelas orang nomor dua di Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Kedua, meningkatkan kepastian dan kualitas produk hukum dalam daerah. Ketiga, menguatkan ekonomi lokal berbasis pertanian. Keempat, meningkatkan keberdayaan dan kemandirian masyarakat. Kelima, memacu pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakatnya.

Kemudian keenam meningkatkan layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Ketujuh, meningkatkan peran serta perempuan dan pengarusutamaan gender dalam pembangunan. Kedelapan meningkatkan pelayanan infrastruktur yang menjangkau seluruh wilayah.

Selanjutnya, meningkatkan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan, serta tanggap terhadap perubahan iklim. Program kesepuluh, meningkatkan peran serta masyarakat dalam menciptakan keamanan, ketertiban dan ketenteraman. Kesebelas, mengembangkan dan melestarikan budaya lokal.

"Rancangan APBD tahun anggaran 2023 merupakan penjabaran tahap terakhir visi dan misi kepala dan wakil kepala daerah sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Katingan 2018-2023," demikian Sunardi NT Litang.

Baca juga: Pemkab Katingan beri perlindungan sosial dampak inflasi melalui pasar penyeimbang

Baca juga: Lomba 10 program PKK Katingan bantu verifikasi kegiatan hingga desa

Baca juga: Pemkab Katingan-KKI kerja sama tingkatkan kualitas praktik kedokteran