Bupati Katingan apresiasi eksistensi Muhammadiyah memajukan pendidikan

id Pemkab katingan, bupati katingan sakariyas, muhammadiyah katingan, kasongan, pendidikan

Bupati Katingan apresiasi eksistensi Muhammadiyah memajukan pendidikan

Bupati Katingan, Sakariyas memberikan sambutan pada Musyawarah Wilayah ke-IX Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Kalimantan Tengah di GPU Salawah di Kasongan, Sabtu (11/2/2023). (ANTARA/HO-Muhammadiyah)

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Sakariyas mengapresiasi eksistensi Muhammadiyah dalam memajukan dunia pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di daerah setempat.

"Muhammadiyah mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai lembaga pendidikan yang mampu mendidik dan membina siswa-siswinya menjadi generasi unggul dan berprestasi," kata Sakariyas di Kasongan, Sabtu.

Hal tersebut disampaikan dia saat memberikan sambutan selamat datang kepada seluruh peserta Musyawarah Wilayah (Muswil) IX Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Kalimantan Tengah.

Muswil yang akan berlangsung pada 11-12 Februari 2023 ini untuk mengevaluasi maupun merumuskan program kerja serta memilih Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Kalimantan Tengah periode 2022-2027.

Lebih lanjut dia menuturkan, selain memiliki lembaga pendidikan mulai dari tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, Muhammadiyah juga mengelola perguruan tinggi di Kasongan.

Kiprah Muhammadiyah dalam bidang pendidikan bukan saja di Kota Kasongan tapi juga menyasar wilayah-wilayah pelosok. Di Tumbang Samba, Muhammadiyah memiliki lembaga pendidikan yang maju dan berkembang dengan baik.

Baca juga: Awal 2023 permohonan dispensasi pernikahan dini di Katingan tinggi

Begitu juga di Tumbang Sanamang, di wilayah yang merupakan salah satu daerah paling hulu di Sungai Katingan, Muhammadiyah juga memiliki sekolah yang berhasil meluluskan generasi muda berprestasi. Banyak alumnus sekolah Muhammadiyah Tumbang Sanamang yang mampu menjadi pejabat daerah.

Secara pribadi, dia memberikan dukungan yang sebesar-besarnya agar perguruan tinggi (Kampus II Kasongan) yang berada di Jalan Tjilik Riwut Km 1 yang merupakan bagian dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, suatu saat berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Katingan.

Sebab, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Kampus II Kasongan yang memiliki beberapa fakultas itu dinilai telah memberikan andil besar dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan.

"Banyak pegawai pemerintah daerah yang dapat menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Kampus II Kasongan," demikian Sakariyas.

Baca juga: Pemkab Katingan siap fasilitasi suksesnya penyelenggaraan pemilu