RS Bhayangkara beri pengobatan gratis puluhan lansia di panti jompo

id RS Bhayangkara,Palangka Raya,Kalteng,Kesmob,Ipda Datu Bernard,Werdha Sinta Rangkang ,panti jompo

RS Bhayangkara beri pengobatan gratis puluhan lansia di panti jompo

Tim Kesmob RS Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya, Kalimantan Tengah memberikan layanan pemeriksaan gratis kepada para lansia yang tinggal di Panti Jompo Sinta Rangkang yang berada di Kecamatan Bukit Batu, Rabu (15/3/2023). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Rumah sakit Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya, Kalimantan Tengah menggelar kegiatan bakti sosial dengan memberikan pengobatan gratis kepada puluhan masyarakat lanjut usia (lansia) yang berada di Panti Sosial Werdha atau Panti Jompo Sinta Rangkang Jalan Pariwisata di Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

Ketua Tim Kesehatan Mobile (Kesmob) Ipda Datu Bernard RS Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya, Rabu mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi masyarakat tersebut merupakan komitmen rumah sakit dalam meningkatkan angka hidup sehat dan kesadaran akan kesehatan di lingkungan masyarakat.

"Semoga bantuan yang telah diberikan kepada para lansia bisa bermanfaat, terlebih di Panti Jompo itu yang mana rata-rata penghuninya sudah sangat tua, sehingga dengan adanya pemeriksaan kesehatan dari RS Bhayangkara Palangka Raya sangatlah penting bagi mereka," katanya.

Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari program Pelayanan Kesehatan Keliling (Yankesling), yang dilaksanakan oleh Tim Kesmob RS Bhayangkara Palangka Raya beserta tim guna sebagai monitoring dan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular terintegrasi.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan berupa pengecekan kadar gula, kolesterol dan asam urat yang memang merupakan keluhan utama para pasien lansia yang hadir di kegiatan tersebut.

Bagi lansia yang memiliki masalah kesehatan pada saat pemeriksaan, RS Bhayangkara Palangka Raya melalui Tim Kesmob selanjutnya memberikan pelayanan pengobatan lanjutan yaitu penanganan oleh tenaga medis yang juga disediakan pada kegiatan tersebut.

"Kegiatan yang dihadiri lebih dari 50 lansia yang semua berasal dari Panti Sosial Werdha Sinta Rangkang tersebut berjalan dengan lancar. Bahkan mereka sangat senang dilakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis tersebut," bebernya.

Sementara itu, selain mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis Tim Kesmob juga memberikan penyuluhan tentang gizi seimbang pada lansia.

Bahkan tidak menutup kemungkinan kegiatan serupa juga akan dilakukan Tim Kesmob RS Bhayangkara ke sejumlah masyarakat yang tidak mampu, semata-mata untuk mengetahui kesehatan masyarakat.